Jelang Lawan Vietnam U-19, Marselino Ferdinan Bikin AFC Gagal Fokus


Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tampak gagal fokus dengan Marselino Ferdinan menjelang laga akbar antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam.

Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan Hong Kong U-19 dengan skor 5-1 pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Jumat (16/9).

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Timnas Indonesia U-19 bermain dengan tempo cepat dan terus menekan daerah pertahanan lawan sejak menit awal pertandingan.

Hal ini lah yang membuat AFC gagal fokus, melalui Instagram resminya, mereka tampak terkesima dengan penampilan skuad Garuda Nusantara khususnya Marselino Ferdinan.


Jelang Lawan Vietnam U-19, Marselino Ferdinan Bikin AFC Gagal Fokus


"Bagaimana kalian menilai penampilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tadi malam?" tulis AFC.

Penampilan skuad Garuda Muda memang patut diacungi jempol, mereka mampu menorehkan langsung tiga gol tanpa balas pada babak pertama.

Gol pertama dibuka melalui sundulan Rabbani Tasnim pada menit ke-12, lalu diikuti dengan gol Alfriyanto Nico (15') dan Zanadin Fariz (43').

Memasuki babak kedua, Hong Kong U-19 menunjukan perlawanan yang lebih solid sehingga cukup menyulitkan Timnas Indonesia U-19.

Kondisi sempat genting ketika kiper utama Timnas Indonesia U-19 Cahya Supriyadi menjadi korban kemelut di depan gawang dan sempat tidak sadarkan diri hingga harus dilarikan ke rumah sakit pada menit ke-60.

Setelah insiden tersebut, Hong Kong U-19 berhasil membalaskan satu gol melalui Chen Ngo Hin pada menit ke-63.

Pola permainan Timnas Indonesia U-19 mulai sedikit mengendur setelahnya, pelatih Shin Tae Yong pun memasukkan Marselino Ferdinan sekaligus dengan Robi Darwis.

Kehadiran dua pemain inti tersebut langsung membawa perubahan atmosfer permainan Timnas Indonesia U-19 yang kembali menekan.

Tak tanggung-tanggung, dua gol beruntun langsung disarangkan Marselino ke gawang Hong Kong U-19, pada menit ke-86 hasil kerja sama dengan Robi, sementara pada menit ke-90 dari tendangan penalti.

Hasil ini pun membuat kans Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023 lebih terbuka.

Timnas Indonesia U-19 wajib menang atas Vietnam U-19 pada laga pemungkas Grup F yang digelar Minggu (18/9) pukul 20:00 WIB.

Jika gagal memenangkan pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-19 akan finis di posisi kedua dan harus bersaing dengan runner-up grup lain untuk menjadi lima terbaik.(*)

GenPI.co