PSSI Ungkap Nasib Shayne Pattynama Setelah Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Disetujui DPR


Proses naturalisasi dua pemain keturunan, Jordi Amat dan Sandy Walsh sebentar lagi selesai. Keduanya sudah mendapat persetujuan dari Komisi III DPR RI, Senin (29/08/22). 

Setelah dapat persetujuan DPR, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh akan dikembalikan ke Setneg dan Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Kepres (Keputusan Presiden). Terakhir, pemain akan diambil sumpah sebagai WNI.

Namun, sebelum itu, PSSI masih harus rapat dengan Komisi X untuk dengar pendapat pada awal bulan depan. Pasalnya Komisi X yang membidangi olahraga. 

Pasca kejelasan status Jordi Amat dan Sandy Walsh, PSSI masih mengupayakan agar DPR sesegera mungkin membahas nasib satu pemain lainnya yakni Shayne Pattynama.

Berkas Shayne Pattynama saat ini masi diproses oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). PSSI berupaya agar status pemain 24 tahun itu bisa dibahas di DPR pada bulan depan.

"PSSI ingin tingkatkan ranking FIFA jadi kami mohon keduanya (Jordi dan Sandy) disetujui untuk bergabung. Lalu kami laporkan juga, masih ada satu nama yakni Shayne yang dokumennya masih di setneg karena prosesnya belakangan," ujar Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Shayne Pattynama Masih Dalam Proses

"Shayne mudah-mudahan bulan depan bisa dibahas juga," imbuhnya. 

PSSI memang belakangan mengajukan Shayne Pattynama untuk dinaturalisasi. Pemain kelahiran Belanda itu juga paling terakhir menjalani prosedur wawancara dengan Badan Intelejent Negara (BIN). 

Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Edward Hiariej juga telah mengonfirmasi jika berkas Shayne saat ini diproses di Kemensetneg.

Namun belum diketahui persis kapan proses naturalisasi pemain Viking FC di Kemensetneg bakal rampung.

PSSI mengajukan tiga pemain keturunan untuk dinaturalisasi berdasarkan rekomendasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pengalaman tiga nama itu sangat banyak dan diharapkan bisa ditularkan ke pemain lokal.

©PSSI Jordi Amat tiba di Jakarta.

Target Debut Jordi Amat dan Sandy Walsh Bersama Timnas Indonesia

"Timnas Indonesia akan ikut Piala Asia dan kehadiran mereka akan memotivasi pemain muda dan transfer ilmu. Publik juga tau pemain ini kualitasnya sangat baik, ada ribuan pesan terkait bagaimana naturalisasi mereka," tuntas Ketum PSSI. 

Jika tak ada halangan, PSSI menargetkan Jordi Amat dan Sandy Walsh ikut uji coba imternasional pada 24 dan 27 September mendatang di Bandung dan Jakarta.