Piala AFF U-16 2022 - Bima Sakti Kembali Sebut Marselino Ferdinan Usai Menang atas SIngapura, Ada Apa?



Pelatih timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti kembali menyebut-nyebut nama Marselino Ferdinan usai menang telak atas Singapura.

Sebelumnya di konferensi pers pasca-laga melawan Filipina, Bima Sakti juga menyebut nama Marselino Ferdinan dalam konteks perbandingan materi skuad 2019 dan 2022.

"Saya bersyukur punya tim ini dibandingkan 2019. Memang hanya Marselino yang menonjol dan ada beberapa pemain juga, tetapi kali ini hampir merata," kata Bima Sakti di Stadion Maguwoharjo, Minggu (31/7/2022) malam WIB.

"Kemampuan semuanya sama, jadi saya tidak canggung memasukkan pemain pengganti," ujarnya.

Pernyataan tersebut dia ucapkan pada sesi konferensi pers pasca-pertandingan timnas U-16 Indonesia vs Singapura di laga kedua Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8/2022).

Indonesia menang 9-0 dalam pertandingan tersebut.

Saat itu, sang pelatih ditanya oleh wartawan soal fenomena mengilapnya para pemain muda Indonesia.

Namun, kilau dari para pemain muda tersebut cepat memudar saat masuk ke sepak bola profesional.

Hal itu membuat Bima Sakti sangat memperhatikan fenomena berulang tersebut.

Dirinya tergerak untuk memberikan edukasi kepada seluruh pemain muda tentang arti bermain sepak bola sesungguhnya.

Pada dasarnya Bima Sakti menekankan kepada seluruh pemain muda, terutama yang saat ini tergabung dalam skuad timnas U-16 Indonesia, untuk bersikap disiplin.

Bima Sakti sebagai pelatih kepala juga berkomitmen untuk menjaga kedisiplinan para pemainnya, baik di luar dan dalam lapangan. 

"Ini pelajaran bagi semua pemain. Kami sebagai tim pelatih mengedukasi mereka," ujar Bima Sakti.

"Artinya memberikan ilmu kepada mereka. Tidak hanya di lapangan tetapi edukasi di luar lapangan. Hal itu sangat penting agar mereka bisa belajar," lanjutnya.

Bima Sakti berusaha menjaga kedisiplinan para pemain muda dimulai dari hal kecil, seperti beribadah bersama-sama.

Sang pelatih juga menekankan kepada anak asuhnya agar tidak cepat puas dan sombong usai mendapatkan pencapaian tertentu dalam karier sepak bola.

"Kami jaga kedisiplinan mereka. Beribadah bersama. Saya pikir juga perlu edukasi ke pemain agar jangan cepat puas, jangan sombong."

Dirinya menyebut sosok Marselino Ferdinan sebagai teladan bagus bagi para pemain muda.

Saat ini, Marselino Ferdinan sudah jadi langganan starter di kompetisi profesional bersama Persebaya Surabaya di usianya yang baru 17 tahun.

Selain itu, dirinya juga sudah menembus timnas Indonesia tingkat U-19, U-23, hingga senior usai diasuh Bima Sakti.

Seperti yang diketahui, Marselino Ferdinan pernah bergabung dalam timnas U-16 Indonesia asuhan Bima Sakti pada era 2018-2019.

Marselino Ferdinan disebut oleh Bima Sakti bisa menjaga respek pada para pelatih yang pernah membesarkannya di waktu muda sampai dia menginjakkan kaki di sepak bola profesional.

Marselino Ferdinan bahkan tetap mengirim ucapan selamat kepada Bima Sakti usai menang atas Singapura dan mendoakan kesuksesan saat menghadapi Vietnam.

Dirinya berharap agar banyak pemain Indonesia yang bakal jadi Marselino Ferdinan berikutnya, terutama yang tergabung dalam timnas U-16 Indonesia.

"Tadi Marselino mengirim pesan kepada saya. Dia bilang selamat Coach bisa menang dan semoga sukses melawan Vietnam."

"Semoga ada Marselino lainnya yang bisa meneruskan dari timnas U-16."

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama