Persib Bandung Waspada Via Luis Milla, Robert Alberts Incar Marc Klok, Nick Kuipers, Ezra ke PSIS Semarang?

Persib Bandung Waspada Via Luis Milla, Robert Alberts Incar Marc Klok, Nick Kuipers, Ezra ke PSIS Semarang? /Tim Potensi Badung 04/Instagram Persib Bandung/Ezra Walian

Persib Bandung Waspada Via Luis Milla, Robert Alberts Incar Marc Klok, Nick Kuipers, Ezra ke PSIS Semarang?

Nama besar Robert Alberts ternyata masih sangat berpengaruh bahkan membahayakan bagi Persib Bandung.

Apalagi, saat ini berdasarkan rumor yang beredar kans Robert Alberts ke PSIS Semarang menggantikan Sergio Alexandre cukup kuat.

Untuk menduduki kursi pelatih kepala PSIS Semarang, suami Kezia Maureen itu kabarnya bersaing dengan Jacksen F Tiago dan Vicenzo Alberto Annese.

Robert Alberts telah menyatakan mundur dari Persib Bandung pada 10 Agustus 2022 lalu, namun nyatanya pengaruhnya masih terlampau besar di klub kebanggaan Kota Kembang itu.

Pengunduran diri Robert Alberts dari Pangeran Biru sebelumnya dikarenakan besarnya desakan Bobotoh yang menginginkan dirinya didepak.

Desakan Bobotoh itu bahkan, hingga melakukan aksi besar-besaran di Graha Persib Bandung, padahal pada hari yang sama Robert Alberts masih memimpin latihan rutin Marc Klok dkk.

Latihan rutin itu dijaga ketat petugas kepolisian, Robert Alberts terkesan tak peduli dengan desakan Bobotoh yang menginginkannya mundur dari Persib Bandung.

Namun pada petang hari, Robert Alberts akhirnya melunak dan mengumumkan pengunduran dirinya dari Persib Bandung.

Budiman yang sebelumnya menjadi asisten Robert Alberts, langsung ditunjuk menjadi pelatih caretaker Pangeran Biru.

Robert Alberts pun memberikan ucapan perpisahan bahwa kepergiannya dari Persib Bandung dilakukannya dengan kebanggaan.

Robert Alberts merasa telah melakukan kinerja yang terbaik selama dirinya menjadi pelatih Persib Bandung.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih, saya pergi dengan bangga" tulis Robert Alberts di Instagram pribadinya.

Secara santun, Robert Alberts juga memberi penghormatan yang tinggi pada dua bos Persib Bandung, Glenn Sugita dan Teddy Tjahjono.

Setelah beberapa pekan tanpa pelatih definitif, Persib Bandung pun mengumumkan juru racik barunya, Luis Milla.

Kedatangan Luis Milla pun tak kalah menghebohkan suporter Persib Bandung, selain rekam jejaknya sebagai pelatih Timnas Indonesia dan Spanyol.

Luis Milla juga dikabarkan dibayar mahal oleh managemen Persib Bandung, rumor yang sempat beredar, pelatih asal Spanyol itu menyodorkan gaji Rp 1 miliar per bulan.

Namun, hingga saat ini baik, Persib Bandung maupun Luis Milla tak juga menyebutkan besaran gaji pengganti Robert Alberts itu.

Apakah kehadiran Luis Milla bakal menyelesaikan urusan Persib Bandung dan Robert Alberts?

Secara diatas kertas mungkin saja telah selesai, namun jangan lupakan Robert Alberts melatih Persib Bandung selama tiga tahun yang tentunya berdampak pada pengaruhnya baik di jajaran pelatih maupun pemain.

Budiman telah menunjukkan begitu pengaruhnya Robert Alberts meski tak lagi melatih Marc Klok dkk.

Fakta itu terlihat saat Budiman mengirimkan pesan ke Robert Alberts, dimana dia menyampaikan bahwa dua kemenangan Persib Bandung berkat program yang diberikan pelatih asal Belanda itu.

Budiman juga mengaku sedih kehilangan sosok Robert Alberts di Persib Bandung saat kompetisi Liga 1 2022/2023 masih berjalan.

Pengakuan Budiman itu terungkap setelah Robert Alberts mengunggah screenshot percakapan keduanya di media sosial.

Tak hanya itu, Budiman juga telah memberikan sinyal siap meninggalkan Persib Bandung jika tak dipakai oleh Luis Milla.

"Ya kalau saya dengan adanya Luis Milla kembali ke semula menjadi asisten, kalau masih dipercaya. Kalau tidak, ya kita mengikuti arusnya," ucap Budiman dikutip dari Republik Bobotoh.

Kedekatan Budiman dan Robert Alberts ini bisa saja memberikan isyarat keduanya bakal menjadi duet pelatih kepala dan asisten pelatih di PSIS Semarang.

Selain asisten pelatih Pangeran Biru, posisi tiga pemain Persib Bandung juga perlu diwaspadai Luis Milla.

Marc Klok, Nick Kuipers, dan Ezra Walian merupakan tiga pemain yang memiliki keterkaitan dengan Belanda.

Sudah bukan rahasia lagi, Robert Alberts disebut sebagai penggagas Belanda Koneksi di Persib Bandung saat masih menjadi pelatih.

Meski tak ada pengakuan secara langsung dari Robert Alberts tentang hal itu, Belanda Koneksi di Persib Bandung saat ini tinggal menyisakan ketiganya.

Adapula beberapa nama pemain yang masuk jajaran Belanda Koneksi di Persib Bandung, seperti, Geoffrey Castillion, Kevin van Kippersluis, Farshad Noor, pemain asal Afganistan yang lahir dan besar di Belanda.

Melihat kentalnya hubungan Belanda Koneksi itu, maka tak menutup kemungkinan, Nick Kuipers, Marc Klok dan Ezra Walian bakal dibidik khusus Robert Alberts.

Apalagi, rumor pemain Persib Bandung bakal dibawa Robert Alberts jika menjadi pelatih PSIS Semarang pun telah berhembus.

Kini tinggal kemampuan Luis Milla untuk memilah dan memilih komposisi pemain yang cocok dengan strateginya di Persib Bandung.

"Gimana nanti Luis Milla, mau mempertahankan pemain milik Robert Alberts atau tidak" tulis akun Gala Persib di Instagram.

Sebagai informasi kontrak Nick Kuipers di Persib Bandung baru berakhir pada 31 Desember 2024.

Sementara Marc Klok bakal bertahan di Persib Bandung hingga 2025, setelah dikontrak Persib Bandung selama empat tahun sejak 2021 lalu.

Ezra Walian masih sah menjadi pemain Persib Bandung hingga 2024 mendatang, setelah sebelumnya menandatangani kontrak selama tiga tahun sejak 2021 lalu.***