Media Vietnam Sebut Fans Timnas Indonesia U-16 Terburuk di ASEAN

Media Vietnam The Thao 247 sebut fans Timnas Indonesia U-16 sebagai yang terburuk di ASEAN sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2022. (foto: PSSI)


Media Vietnam The Thao 247 sebut fans Timnas Indonesia U-16 sebagai yang terburuk di ASEAN sepanjang gelaran Piala AFF U-16 2022.


Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-16 berhasil keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2022 usai menumbangkan Vietnam U-16 di babak final, Jumat (12/8).


Dalam laga yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta itu tim tuan rumah berhasil menang 1-0 melalui gol cantik milik Kafiatur Rizky pada menit ke-45+2.


Selain kecewa lantaran Timnas Vietnam U-16 gagal merebut gelar juara, The Thao 247 juga tampak tidak puas dengan perilaku pendukung Indonesia yang memadati Stadio Maguwoharjo.


Dalam artikel yang dirilis pada Jumat (12/8), The Thao 247 menulis pendukung Indonesia telah meninggalkan kesan sangat buruk pada judulnya.


"Indonesia meninggalkan citra jelek dan ofensif di turnamen Asia Tenggara," tulis The Thao 247.


Secara khusus, The Thao 247 menyoroti momen pada menit ketiga tambahan waktu, di mana Vietnam U-16 mendapat tendangan bebas, tetapi pemain Indonesia dinilai membuang waktu karena menendang bola ke lapangan.


Karena itu, pemain Vietnam U-16 disebut segera melakukan protes kepada wasit, dan saat itu pendukung Timnas Indonesia U-16 diklaim mulai melemparkan benda-benda aneh ke lapangan.


"Bentrokan semakin memuncak ketika penonton Indonesia mulai melempar benda-benda aneh ke lapangan, menuju posisi Vietnam U-16. Tindakan buruk ini telah menyebabkan kemarahan di antara tim di regional tersebut," tulis The Thao 247.


Selain itu, The Thao 247 juga mengklaim banyak suporter Indonesia yang menyerang pelatih Nguyen Quoc Tuan dan staf saat sesi latihan.


The Thao 247 meminta setiap penyelenggara untuk lebih menjamin keamaanan para dan ofisial semua tim yang berlaga.


Terakhir, The Thao 247 juga mengeluhkan pihak penyelenggara yang diklaim membuat kamera terfokus ke Timnas Indonesia U-16 dan hanya menyorot Vietnam U-16 ketika melakukan kesalahan.(*)