5 Pelatih yang Layak Gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19 Kelar Piala Dunia U-20 2023, Nomor 1 Calon Terkuat!

ADA 5 pelatih yang layak gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19 kelar Piala Dunia U-20 2023. Seperti diketahui, saat ini Shin Tae-yong merangkap tiga jabatan pelatih sekaligus di tiga level Timnas Indonesia.


Adapun ketiga level itu di U-19, U-23, dan senior. Kategori yang paling muda yaitu Timnas Indonesia U-19 tidak lama lagi bakal mentas di Piala Dunia U-20 2023. Praktis, Shin Tae-yong harus mempersiapkan sejak dini agar meraih hasil maksimal.


Akan tetapi, usai Piala Dunia U-20 2023, beredar kabar Shin Tae-yong bakal meletakan jabatan tersebut. Pria berpaspor Korea Selatan itu disebut bakal fokus membangun Timnas Indonesia U-23 dan Timnas senior Indonesia.


Lantas, jika Shin Tae-yong mundur, siapa sosok suksesornya nanti? Berikut 5 pelatih yang layak gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19 kelar Piala Dunia U-20 2023:

5. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto

Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) bisa saja memberi kepercayaan kepada Kurniawan Dwi Yulianto, untuk menangani Timnas Indonesia U-19. Satu alasan pastinya adalah lantaran Kurniawan Dwi Yulianto sudah tahu kultur sepakbola dalam negeri.


Selain itu, pria 46 tahun itu juga pernah menjadi asisten pelatih Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-23 pada 2019 silam. Ditambah ia kini tengah berada di klub Italia, Como menjadi asisten pelatih Gattuso. Meski masih terikat kontrak hingga 2027 di Como, bukan tak mungkin Kurniawan Dwi mengemban tugas negara dengan menukangi Timnas Indonesia U-19 nantinya.

4. Dzenan Radoncic

Dzenan Radoncic

Kemudian, ada nama Dzenan Radoncic. Ya, bagi Anda pencinta sepakbola Timnas Indonesia, pasti tak asing dengan pelatih satu ini. Dzenan Radoncic saat ini merupakan asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.


Selain sudah tahu karakter bermain Shin Tae-yong, Dzenan Radoncic pun sudah punya pengalaman memimpin Timnas Indonesia U-19 berlaga di Toulon Cup 2022 silam. Hasilnya pun tak buruk, Timnas Indonesia U-19 menempati urutan ke-10, usai kalah lewat drama adu penalti kontra Alzajair (3-4).


3. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini

Selanjutnya, nama Fakhri Husaini juga layak dimasukkan sebagai pengganti Shin Tae-yong, jika benar-benar melepas Timnas Indonesia U-19 nantinya. Mengenai prestasi Fakhri Husaini pun tak perlu diragukan.


Pria 57 tahun itu sudah pernah membawa Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2018. Berbekal hal itu, praktis Fakhri Husaini punya modal bagus jika kembali dipercaya bertugas di Timnas Indonesia.

2. Indra Sjafri

Indra Sjafri

Di urutan kedua, ada Indra Sjafri, salah satu pelatih yang dikenal piawai menemukan pemain potensial untuk Timnas Indonesia. Nama top seperti Evan Dimas pun ditemukan berkat tangan dinginnya. Selain itu Indra Sjafri pun termasuk berhasil membawa nama baik Timnas Indonesia U-19.


Itu terbukti dari keberhasilannya mempersembahkan Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019. Pada Piala AFF U-19 2013, Timnas Indonesia U-19 berhasil membungkam Vietnam (7-6) via drama adu penalti. Kemudian, di Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia U-22 sukses bungkam Thailand (2-1) di final.


1. Bima Sakti

Bima Sakti

Di urutan pertama ada Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia U-16, yang baru saja sukses mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-16 2022. Pria 46 tahun ini jadi calon terkuat pengganti Shin Tae-yong, jika pria Korea Selatan itu melepas jabatan dari status pelatih Timnas Indonesia U-19.


Nama Bima Sakti sendiri calon terkuat bukan hanya karena prestasinya. Akan tetapi, taktik jitu dan juga chemistry dengan para pemain, disinyalir bisa memperkuat Timnas Indonesia di level U-19 ke depannya. Sebab, jika Bima Sakti promosi jadi pelatih Timnas Indonesia U-19, maka para pemainnya di level U-16 juga turut dibawa olehnya.


(HTE)


Okezone.com