Timnas Indonesia Siap Gantikan Vietnam yang Tolak Undangan Thailand Main di Kings Cup 2022?


FEDERASI Sepakbola Vietnam (VFF) kemungkinan menolak tawaran Thailand untuk tampil di ajang Kings Cup 2022 yang berlangsung di FIFA Matchday September 2022. Menurut laporan media Vietnam, Soha.vn, Timnas Vietnam, sudah memiliki calon lawan yang bakal dihadapi di FIFA Matchday September 2022, sehingga kecil peluangnya turun di Kings Cup 2022.

“Saat ini kami sedang melakukan persiapan. Pada September 2022, Timnas Vietnam diharapkan dapat menghadapi tim kuat Asia sebagai persiapan tampil di Piala AFF 2022. Karena itu, sulit bagi kami tampil di Kings Cup 2022 yang berlangsung di Thailand,” kata salah seorang pejabat VFF yang dirahasiakan identitasnya, mengutip dari Soha.

Timnas Vietnam

(Timnas Vietnam enggan ambil bagian di Kings Cup 2022)

Sekarang yang jadi pertanyaan, Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI bakal bersedia jika menerima undangan dari Federasi Sepakbola Thailand (FAT)? Benar, PSSI sudah menemukan tiga calon lawan yang bakal dihadapi di FIFA Matchday September 2022.

Mereka ialah Curacao yang menempati peringkat 84 dunia, India (104) dan Hong Kong (145). Namun, seperti yang sudah-sudah, lawan yang digadang-gadang sebagai lawan Timnas Indonesia bisa saja batal tampil.

Di FIFA Matchday Januari 2022, Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Bangladesh. Namun, ujung-ujungnya Timor Leste yang dihadapi.

Kemudian di FIFA Matchday Maret 2022, sejumlah negara kuat kabarnya sudah dihubungi PSSI. Mulai dari runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia, juara Piala Eropa 2004, Yunani, hingga tim kuat Asia, Uzbekistan. Namun, Timnas Indonesia batal melakoni pertandingan karena alasan yang tak masuk akal.

“Menurut Shin Tae-yong laga FIFA Match Day di bulan Maret tidak efektif dan efisien. Hal ini karena dia juga memimpin tim U-20 persiapan Piala Dunia U-20 2023 menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengutip dari laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia

“Untuk itu, PSSI memahami permintaan Shin Tae-yong dan mendukung semua program dari dia demi prestasi Timnas Indonesia,” lanjut pria yang biasa disapa Iwan Bule tersebut.

Karena itu, daripada ujung-ujungnya gagal menggelar lawan tim mapan di FIFA Matchday September 2022, menerima undangan dari Thailand (jika diundang) tidak ada salahnya untuk menerimanya.

Selain tuan rumah Thailand, Kings Cup 2022 bakal diikuti Timnas Malaysia. Laga menghadapi Thailand dan Malaysia dapat dijadikan pemanasan sebelum turun di Piala AFF 2022 pada 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023.

Okezone.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama