Timnas Indonesia Naik Pot 1, Vietnam Dirugikan di Piala Asia 2023


Timnas Indonesia berpeluang naik Pot 1 jika terpilih menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 yang akan merugikan Vietnam dalam skema pembagian Pot. Jika AFC atau Konfederasi Sepak Bola Asia memilih Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 jelas menjadi kerugian bagi Vietnam.

Ya, Timnas Vietnam yang sebelumnya mendapat jatah Pot 2 akan tergusur ke Pot 3. Timnas Vietnam akan bertemu tim kuat yang masuk di Pot 2. Menurut media Vietnam, Soha.vn, terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah jelas sebuah kerugian bagi Timnas Vietnam.

''Seandainya Indonesia masuk Pot 1 maka akan ada satu negara yang mengalami penurunan posisi, yaitu Vietnam. Maka Vietnam akan turun ke Pot 3 untuk bertemu tim kuat dari Pot 2 seperti UEA, Irak atau Oman, China dan Suriah.''

Secara peringkat, Vietnam yang menduduki ranking FIFA 97 akan masuk Pot 2. Sedangkan Indonesia berada di posisi 150 dunia menghuni Pot 3. Namun, jika menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan naik ke Pot 1.

Sebelumnya, AFC merestui empat negara yang akan bersaing menjadi tuan rumah piala Asia 2023, yakni Indonesia, Korea Selatan, Australia, dan Qatar. Namun, peluang Qatar akan mengecil karena sudah menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Korea Selatan yang berambisi menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 menebar psywar dengan menyebut Indonesia dan negara kandidat lain tidak layak. Media Korea Selatan menyindir Indonesia tidak ideal sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah menjadi runner-up terbaik di kualifikasi ketiga di Yordania. Skuad Garuda mencatat hasil dua kali menang dan sekali kalah dalam kualifikasi ketiga dengan nilai 6.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong mencatat sejarah untuk pertama kali tampil di Piala Asia 2023 setelah 15 tahun. Skuad Garuda kali terakhir tampil di Piala Asia 2007 saat menjadi tuan rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama