Timnas Indonesia Diisukan Keluar AFF, Asosiasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) Mulai Menggoda

Timnas Indonesia U-19 (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

ASOSIASI Sepak Bola Asia Timur (EAFF) tampaknya mulai menggoda Timnas Indonesia. Pasalnya saat ini Skuad Garuda disarankan untuk keluar dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Hal itu seiring dengan kasus adanya indikasi sepak bola gajah pada Piala AFF U-19 2022. Pertandingan Thailand U-19 vs Vietnam U-19 menjadi yang disoroti oleh para fans Tanah Air.

Kedua tim tersebut dinilai sengaja mengatur skor agar tetap 1-1 sehingga Timnas Indonesia U-19 tidak berhasil lolos ke babak semifinal. Mereka terlihat enggan untuk saling mengalahkan setelah mendapatkan hasil imbang 1-1 tersebut. Ini membuat kemenangan 5-1 Indonesia atas Myanmar U-19 menjadi tak berarti.

Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19

Hal itu membuat para pencinta sepak bola Tanah Air kesal. Pihak PSSI pun melayangkan surat protes kepada AFF atas adanya dugaan sepak bola gajah oleh Thailand U-19 dan Vietnam U-19.

Tak hanya itu, Timnas Indonesia juga disarankan untuk keluar dari keanggotaan AFF. Mereka diminta untuk bergabung dengan asosiasi sepak bola lainnya seperti Asosiasi Sepak Bola Asia Selatan (SAFF) atau Konfederasi Sepak Bola Oceania (OFC).

Menariknya, EAFF justru seakan memberi kode untuk membuka pintu menyambut Timnas Indonesia jika ingin bergabung. Mereka mulai menyapa para warganet Timnas Indonesia di akun Instagram resmi mereka, @eaff_official.

"Salam hangat untuk para pengikut baru kita dari Indonesia," tulis akun tersebut dalam kolom komentar di salah satu unggahan mereka, Kamis (14/7/2022).

Sebagaimana diketahui, warganet Indonesia dikenal sangat aktif di jejaring media sosial. Mereka bahkan kerap kali memberikan pengaruh besar terhadap sejumlah klub di Asia.

Salah satu contohnya adalah klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy, yang sejak mendatangkan Pratama Arhan kini menjadi klub dengan jumlah pengikut terbanyak di Negeri Sakura tersebut.

Sebelumnya efek netizen Indonesia sudah dirasakan oleh klub Korea Selatan, Ansan Greeners, seiring dengan kehadiran Asnawi Mangkualam. Kini jumlah pengikut EAFF di Instagram juga mulai melonjak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama