Tidak Jadi Naturalisasi 3 Pemain Belanda, Shin Tae-yong Siapkan Nama Baru untuk PSSI

Shin Tae-yong memutuskan untuk tidak menaturalisasi tiga pemain keturunan asal Belanda, yaitu Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel. Alih-alih, bakal ada beberapa nama lain yang disiapkan.

Beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong sempat mengundang ketiganya untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 pada Juni 2022 sebelum berkancah di Piala AFF U-19 2022.

Shin Tae-yong memang membutuhkan beberapa pemain naturalisasi untuk meningkatkan level Timnas Indonesia U-19 yang akan bersaing di Piala Dunia U-20 2023.

Arsitek asal Korea Selatan itu menganggap bahwa kualitas Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel belum layak untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia U-19.

Sudah Punya Beberapa Nama

PSSI mengabarkan bahwa Shin Tae-yong telah mempunyai sejumlah pemain keturunan lain untuk dinaturalisasi demi Piala Dunia U-20 2023, yang juga berasal dari Belanda.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan memberikan tenggat waktu kepada Shin Tae-yong hingga Agustus 2022 untuk menyetor nama calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-19 supaya segera diproses.

"Di Belanda, ada banyak pemain yang memiliki darah Indonesia," imbuh Iriawan dinukil dari laman PSSI.

Pemusatan Latihan di Belanda

Untuk memudahkan pencarian, pendekatan, hingga pengamatan calon pemain naturalisasi, PSSI juga menyarankan Shin Tae-yong untuk menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Negeri Kincir Angin itu.

"Akan lebih mudah kami melakukan pemusatan latihan di Belanda ketimbang negara lainnya," imbuh Iriawan.

"Sebab, kami bisa melihat langsung pemain yang diinginkan," terang pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

Belanda Oke

Sementara itu, Endri Erawan selaku manajer Timnas Indonesia U-19 memaparkan latar belakang pihaknya memprioritaskan pemuda keturunan asal Belanda untuk dinaturalisasi.

"Kenapa dari Belanda? Sebab, di negara itu banyak pemain keturunan Indonesia. Jadi ke depan, kalau mau melakukan pemusatan latihan, baiknya di Belanda," ucap Endri Erawan.

"Selain bisa melihat calon pemain naturalisasi di sana, klub-klub di Belanda juga sangat kuat, sehingga ketika uji coba sangat bermanfaat," imbuh Endri Erawan.

Dipulangkan

Lantaran urung dinaturalisasi, Shin Tae-yong juga sudah memulangkan Kai Boham, Jim Croque, dan Max Christoffel ke Belanda.

"Saya mendapatkan surat dari Shin Tae-yong terkait tiga pemain muda tersebut," ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri beberapa waktu lalu.

"Bahwa ketiga pemain tersebut dikembalikan ke klubnya lebih dulu dan nanti akan dipantau lagi oleh Shin Tae-yong," jelasnya.

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adiyaksa/Wiwig Prayugi), 21 Juli 2022

Bola.net