Termasuk Ronaldo, 5 Pemain Timnas Indonesia yang Ditakuti Pelatih Vietnam di Piala AFF U-19


Termasuk Ronaldo Kwateh, berikut 5 pemain Timnas Indonesia U-19 yang ditakuti pelatih Vietnam U-19 jelang duel kedua tim di Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 akan membuka kampanyenya di grup A Piala AFF U-19 2022 saat bersua Vietnam U-19, Sabtu (02/07/22) WIB.

Sebelum ajang ini, Skuat Garuda Muda juga sempat menjalani dua laga uji coba. Namun hasilnya masih jauh dari harapan, yakni kontra tim muda Persija Jakarta dan kalah dari Bhayangkara FC.

Merujuk dari dua hasil ini, pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, mengatakan masih ada kekurangan di skuatnya. Ada beberapa hal yang wajib dibenahi.

Hal itu berbanding terbalik dengan Vietnam U-19 yang punya catatan apik di laga uji coba sebelum terjun di Piala AFF U-19 2022.

Meski Timnas Indonesia U-19 terlihat pincang karena hasil minor di laga uji coba, pelatih Vietnam, Dinh The Nam, tetap mewaspadai tuan rumah.

Menurutnya, ada 4-5 pemain Timnas Indonesia U-19 yang dinilainya sangat berbahaya dan harus diwaspadai Vietnam U-19.

“Pemain mereka sangat bagus, ada sekitar 4-5 pemain luar biasa di bek tengah, gelandang hingga striker, seperti Ronaldo Kwateh dan beberapa pemain lainnya,” ujar Dinh The Nam dilansir dari Zing News.

Berkaca dari pernyataan itu, Dinh The Nam akan mewaspadai lima pemain tersebut di laga perdana Piala AFFU-19 2022 melawan Timnas Indonesia U-19.

Lantas, termasuk Ronaldo Kwateh, siapa saja pemain yang ditakuti oleh Dinh The Nam tersebut?

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan di laga ujicoba melawan Timor Leste dalam pertandingan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (27/01/22). Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Ada yang Dipuji Media Inggris

1. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh menjadi pemain yang disorot Dinh The Nam pada sesi konferensi pers jelang Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19.

Pemain berusia 17 tahun ini punya jam terbang mumpuni, mengingat dirinya pernah tampil bagi tim senior dan tim U-23 Indonesia. Selain itu, dirinya juga punya pengalaman di ajang sekelas Toulon Cup.

Bahkan, Ronaldo Kwateh mampu mencetak satu gol di tim senior Indonesia. Dengan kematangan dan pengalaman itu lah, Dinh The Nam memerintahkan anak asuhnya untuk mengawalnya.

2. Marselino Ferdinan

Dinh The Nam juga menyoroti lini tengah atau sektor gelandang Indonesia. Sorotan ini jelas mengarah kepada sosok Marselino Ferdinan.

Sama seperti Ronaldo Kwateh, pemain yang dipuji media Inggris, The Guardian, ini punya kiprah mentereng, terutama di level kelompok umur dan senior.

Kematangannya sebagai pemain membuat banyak pemain berusia 17 tahun itu menjadi ancaman yang bisa saja membuat Vietnam bergidik ngeri saat duel nanti.

3. Muhammad Ferrari

Dinh The Nam tak lupa menyoroti posisi bek yang diyakini mengarah pada sosok kapten Timnas Indonesia U-19, Muhammad Ferrari.

Bek berusia 19 tahun ini punya label bek yang cermat dalam membaca posisi lawan. Selain itu, Ronaldo Kwateh juga menggambarkannya sebagai pemain yang lugas.

Penampilan apiknya sepanjang Toulon Cup beberapa waktu lalu membuat jurnalis Prancis memujinya dan Ronaldo Kwateh sebagai pemain terbaik Timnas Indonesia U-19.

Ali Rifki (manajer tim) perkenalkan Arkhan Fikri sebagai pemain baru Arema FC. Foto: Ian Setiawan/Indosport.com

Termasuk Anak Didik Legenda Inggris

4. Hokky Caraka

Dinh The Nam juga menyoroti posisi penyerang atau striker. Untuk posisi ini, kemungkinan ia menyadari potensi yang dimiliki Hokky Caraka.

Hokky Caraka merupakan penyerang andalan Timnas Indonesia U-19 yang malang melintang di Inggris, saat dirinya mengikuti program Garuda Select.

Anak didik Dennis Wise ini bahkan mampu menjadi top skor di Inggris saat mengikuti Garuda Select, dengan menorehkan 14 gol.

5. Arkhan Fikri

Fenomena pemain berusia 17 tahun di Timnas Indonesia U-19 terus berlanjut. Tak hanya Ronaldo dan Marselino Ferdinan, ada pula nama Arkhan Fikri.

Gelandang muda milik Arema FC ini diyakini juga pemain yang disorot Dinh The Nam, seiring penampilan apiknya di Toulon Cup.

Bahkan karena penampilan apiknya itu, Arkhan Fikri dipercaya Arema FC masuk tim senior dan juga dipercaya Shin Tae-yong masuk ke 28 pemain yang ia panggil.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama