Soal Target di Piala AFF U-19, Shin Tae-yong: Fokus Saya Bukan Turnamen ASEAN, Tapi Piala Dunia U-20


Di mata Shin Tae-yong selaku Pelatih Timnas U-19 Indonesia, ada hal yang jauh lebih penting daripada gelar juara Piala AFF U-19 tahun ini.

Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong menargetkan juara karena timnas U-19 Indonesia tampil sebagai tuan rumah.

Sebagaimana diketahui, Piala AFF U-19 2022 ini digulirkan di Jakarta dan Bekasi dan timnas U-19 Indonesia akan tampil di Grup A.

Dalam Grup A, skuad Garuda Nusantara bakal bersaing dengan tim kuat lainnya seperti Vietnam, Filipina, Myanmar, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Timnas U-19 Indonesia bakal memulai perjuangannya dalam ajang ini dengan menghadapi Vietnam di Stadion Patriot Candrbhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022) malam WIB.

Jelang menghadapi Vietnam, pelatih asal Korea Selatan itu memastikan anak asuhnya dalam kondisi siap tempur.

Setelah menjalani persiapan hampir 10 hari, Shin tae-yong menargetkan para pemainnya bisa mengamankan tiga poin penuh dari Vietnam.

Menurutnya meraih tiga poin penuh setiap pertandingan memang wajib didapatkan apalagi target keluar sebagai juara.

“Target saya selalu juara. Itu sangat baik dan itu bisa menjadi hal positif,” ujar Shin Tae-yong dalam jumpa pers yang turut dihadiri BolaSport.com, di Hotel Century, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (1/7/2022).

Walaupun timnas U-19 Indonesia ditargetkan untuk bisa meraih gelar juara, ada hal yang jauh lebih penting dari status tersebut.

Pelatih berusia 52 tahun itu menekankan bahwa yang menjadi fokus utamanya yakni melihat kemampuan para pemain.

Menurutnya saat ini yang terpenting adalan peningkatan dan penurunan dari kemampuan tim Merah Putih.

Shin Tae-yong mengaku bahwa Piala AFF U-19 2022 bakal jadi pengalaman perdana baginya di level kelompok umur.

“Tetapi ini usia-usia masih muda dan setiap bulannya performa setiap pemain bisa berubah,” kata Shin Tae-yong.

“Usia-usia segitu memang seperti itu, jadi terlalu pressure juga buat pemain itu bisa jadi beban bagi pemain sehingga tidak bisa menunjukkan performa terbaik,” ucapnya.

Meski begitu, Shin Tae-yong menegaskan, menjadi juara Piala AFF U-19 2022 bukan lah tujuan utamanya bersama Timnas U-19 Indonesia di ajang kali ini.

Tujuan utama Shin Tae-yong yakni menyiapkan Timnas U-19 Indonesia sepadu mungkin pada Piala AFF U-19.

Hal ini agar Garuda Nusantara bisa tampil maksimal pada ajang Piala Dunia U-20 2023 dimana Indonesia bakal jadi tuan rumah.

“Ini turnamen U-19 pertama untuk saya, saya ingin melihat level timnas U-19 seperti apa karena kami fokusnya bukan turnamen ASEAN," kata Shin Tae-yong di Century Park Hotel, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

"Tapi kami melihat Piala Dunia U-20 tahun depan.”

“Saya sudah punya pengalaman di Tim U-20 Korsel, jadi saya akan melihat persaingannya bagaimana saat melawan tim-tim ASEAN seperti AFF sekarang dan nanti juga akan melihat untuk tingkat level kita seperti dengan melawan tim Eropa, Afrika, dan Amerika Latin,” ujarnya.

Jelang laga ini bergulir, Shin Tae-yong telah memanggil 30 pemain untuk melakukan pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta.

Saat tampil di Piala AFF U-19, STY hanya memilih 28 pemain dengan rincian 23 masuk skuad utama.

Sementara lima pemain sisanya berada dalam list cadangan atau entry by name.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama