Shin Tae-yong Ungkap 'Biang Keladi' Hasil Imbang Timnas Indonesia U-19 vs Thailand

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand dalam penyisihan Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Rabu (06/07/22) malam WIB.

Pertandingan lanjutan peyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand harus berakhir dengan skor kaca mata alias 0-0.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 baru saja menjamu Thailand di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (06/07/22) malam WIB. Tuan rumah gagal manfaatkan sejumlah peluang emas, terutama di babak pertama.

Pada laga malam tadi, Timnas Indonesia U-19 bisa dikatakan mendominasi karena punya enam tembakan ke arah gawang dengan tiga on target. Sedangkan Thailand U-19 hanya dua kesempatan, tanpa sekalipun on target.

Karenanya, pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong menyayangkan hasil imbang tersebut. Dia menilai pemain sudah bekerja keras, tapi lagi-lagi pekerjaan rumahnya adalah penyelesaian akhir.

"Sangat disayangkan mulai dari babak pertama kami sudah berjuang keras dengan baik, apalagi suporter juga banyak yang datang ke stadion untuk mendukung kami. Tapi mereka (penonton) tidak bisa diberikan kemenangan, jadi sangat disayangkan," kata Shin Tae-yong usai laga lawan Thailand.

Menurut juru taktik 52 tahun itu, keluarnya Marselino Ferdinan di akhir babak pertama juga turut mempengaruhi kualitas Garuda Nusantara, terutama di babak kedua.

Tidak ada pengganti sepadan yang bisa mengatur tempo dan alur bola selihai pemain muda milik Persebaya Surabaya itu.

Kondisi fisik pemain yang menurun juga mempengaruhi permainan Timnas Indonesia U-19. Hal itu bakal menjadi evaluasi untuk pertandingan berikutnya demi tiket ke semifinal Piala AFF U-19 2022.


Suporter Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Rabu (06/07/22).

Cahya Supriadi Minta Maaf ke Suporter Timnas Indonesia

"Dalam sepak bola, kami tidak bisa terus menyerang dengan baik. Apalagi dengan keluarnya Marselino organisasi tim jadi kurang baik," ujar Shin Tae-yong.

"Selain itu, di babak kedua, fisik pemain menurun sehingga itu memengaruhi tingkat konsentrasi mereka sehingga performa menjadi tidak terlalu baik," imbuhnya.

Sementara itu, kiper Timnas Indonesia U-19 yaitu Cahya Supriadi meminta maaf ke pendukung yang datang ke Stadion Patriot karena belum menang malam ini. Dia berjanji akan bawa skuad Merah Putih lolos ke fase berikutnya.

"Saya ucapkan pada suporter, maaf belum bisa beri hasil terbaik. Ke depan kami janji akan bekerja keras dan kita harus lolos dari fase grup," tuntasnya.

Hasil imbang lawan Thailand U-19 membuat Timnas Indonesia U-19 turun ke posisi empat klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022. Tim Merah Putih tersisih oleh Myanmar yang menang atas Filipina tadi sore.

Indonesia kini koleksi lima poin dari tga laga, hasil sekali menang dan dua kali imbang. Tim asuhan Shin Tae-yong tertinggal dua poin dari Vietnam dan Thailand diperingkat pertama dan kedua, serta terpaut satu angka dari Myanmar di urutan tiga dengan enam poin.


Menpora Zainudin Amali. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Menpora Sebut Timnas Indonesia Main Bagus

Laga Timnas Indonesia U-19 vs Thailand juga disaksikan Menpora, Zainudin Amali. Dia datang untuk memberikan dukungan langsung ke pemain dan menilai skuad Garuda Nusantara masih punya peluang lolos dari babak penyisihan grup.

"Saya lihat dari pertandingan Vietnam, Brunei dan malem ini lawan Thailand, mainnya makin hari makin bagus," kata Menpora soal Timnas U-19 saat jeda babak pertandingan.

Sayang, harapan Menpora agar Timnas U-19 menang atas Thailand gagal terwujud. Dia pun paham karena Thailand merupakan tim kuat Asean.

Meski Timnas U-19 hanya bermain imbang, Menpora tetap apresiasi karena para pemain tetap dapat banyak pengalaman. Ajang Piala AFF U-19 2022 merupakan pemanasan jelang Piala Dunia U-20 2023 mendatang.