Pengamat Bongkar Gimmick PSSI, Mulai Keluar dari AFF hingga Misi Rahasia ke Singapura

Komentator dan pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel membongkar 'gimmick' PSSI yang ingin keluar dari AFF menuju EAFF.

Sebagaimana diketahui, polemik kegagalan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022 berbuntut panjang, sampai detik ini masih jadi pembahasan di media.

Mulai dari tudingan kepada Vietnam dan Thailand soal praktik sepak bola gajah, sampai ancaman untuk keluar dari AFF, dan bergabung ke East Asia Football Federation (EAFF).

PSSI mengklaim bahwa awalnya desakan untuk keluar dari AFF muncul dari media sosial, kemudian Sekjen PSSI, Yunus Nusi buka suara, dan sepaham dengan netizen.

Bahkan, ia mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak EAFF, seolah menyiratkan bahwa PSSI serius ingin keluar dari AFF.

Hal ini yang membuat Bung Towel naik pitam. Bagaimana mungkin federasi besar sekelas PSSI tidak menyaring, mana hal-hal yang perlu dilakukan dan perlu diabaikan.

"Di awal, PSSI meng-entertain netizen dengan pernyataan-pernyataan di media, Sekjen sudah berkomunikasi dengan EAFF," ucap Tommy Welly di Youtube Gocek Bung Towel.

"Walaupun kita nggak tahu komunikasinya via apa, karena kalau bicara soal federasi, komunikasi formal, harusnya bersurat atau email dan sebagainya," jelas Bung Towel.

"Kalau hanya sebatas klaim, kita tidak bisa menguji kebenarannya, apakah betul atau tidak, tapi kelihatan PSSI meng-entertain desakan netizen itu," tambahnya lagi.

Dengan berbagai fakta tersebut, Bung Towel menyimpulkan bahwa PSSI hanya membuat gimmick seolah ingin keluar dari AFF dan memancing atensi dari masyarakat.

Ketum PSSI Bantah Keluar AFF

Beberapa waktu lalu, PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi juga mengklaim akan melakukan lobi-lobi dengan AFF dan AFC di Singapura, terkait hasil akhir Piala AFF U-19 2022 lalu.

Namun, pembahasan ini tidak terbuka ke publik, seolah-olah PSSI bergerak sesuai tuntutan masyarakat, tetapi justru tidak melakukan apa-apa, hanya gimmick.

Bung Towel kembali mengkritisi langkah minor yang dilakukan oleh federasi PSSI.

"Kabarnya, Sekjen sempat berangkat ke Singapura, ada misi rahasia, untuk bicara dengan anggota AFF dan AFC," kata sang komentator lewat konten Gocek Bung Towel.

"Saya nggak ngerti anggota AFF yang mana dan anggota AFC yang mana di Singapura."

"Kalau kita bicara AFF, markas besarnya ada di Petaling Jaya, Selangor, Malaysia. Kalau AFC juga markasnya ada di Kuala Lumpur, Malaysia," tambah Bung Towel.

"Harusnya kalau mau melobi AFF atau AFC, langsung saja ke Kuala Lumpur, ini malah ke Singapura," sindir sang komentator lagi.

Hal yang lebih mengejutkan, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, baru-baru ini mengklaim bahwa ia tidak pernah menyatakan ingin keluar dari AFF.

Hal ini semakin menegaskan bahwa PSSI hanya bermain gimmick untuk memancing animo masyarakat sepak bola Tanah Air.

"Belakangan, Ketua Umum PSSI sendiri mengatakan bahwa dirinya tidak pernah bilang akan keluar dari AFF. Kebanyakan gimmick," tukas Bung Towel di Youtube.

Agenda PSSI dan Timnas Indonesia

31 Juli - 12 Agustus 2022

Piala AFF U-16 2022

19-27 September 2022

FIFA Matchday

21 November-18 Desember 2022
Piala AFF 2022

5-16 Mei 2023
SEA Games 2023

20 Mei - 11 Juni 2023
Piala Dunia U-20 2023

16 Juni - 16 Juli 2023
Piala Asia 2023

23 September - 8 Oktober 2023

Asian Games 2022