Media Vietnam Hina Timnas Indonesia: Percuma Punya Banyak Suporter, Prestasi Kalian Jauh di Bawah Vietnam dan Thailand!


MEDIA Vietnam, Soha.vn, menyindir Timnas Indonesia dan PSSI. Soha menyebut percuma mempunyai banyak suporter, tapi secara prestasi Timnas Indonesia jauh di bawah Vietnam dan Thailand.

Dalam beberapa tahun terakhir, Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) memberi kepercayaan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamen. Ambil contoh tahun ini, yang mana Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah tiga event kelompok umur garapan AFF.

Suporter Timnas Indonesia

(Antusiasme suporter saat mendukung Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Foto: Ilham Sigit/MNC Portal Indonesia)

Sebut saja Piala AFF U-19, Piala AFF U-16 dan Piala AFF U-18 Wanita 2022. Alasan AFF menunjuk Indonesia tentu karena antusiasme besar yang dimiliki pencinta sepakbola Tanah Air.

Meski yang bermain hanya tim nasional kelompok umur, belasan ribu penonton bakal memadati stadion. Ambil contoh saat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Timnas Myanmar U-19 di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 yang dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB.

Saat itu, sebanyak 18.000 penonton memadati Stadion Patriot. Jumlahnya bisa lebih banyak lagi jika tidak ada pembatasan penonton di stadion.

Soha menyadari antusiasme suporter sepakbola di Indonesia sangat besar. Namun, Soha menyayangkan antusiasme besar itu tidak dibarengi dengan prestasi.

“Indonesia memang sering menjadi tuan rumah, namun prestasi mereka sangatlah buruk. Timnas Indonesia U-16 baru sekali juara Piala AFF U-16, sedangkan Timnas Thailand U-16 sudah tiga kali,” tulis Soha.

Timnas Indonesia U-19

(Timnas Indonesia U-19 tersingkir di fase grup Piala AFF U-16 2022)

“Di Piala AFF U-19, Timnas Indonesia U-19 sudah sembilan kali menjadi tuan rumah. Namun, hanya sekali menjadi juara,” lanjut Soha.

“Secara suporter Indonesia memang lebih unggul ketimbang Vietnam dan Thailand saat menjadi tuan rumah Piala AFF kelompok umur. Namun, yang paling penting adalah prestasi. Indonesia jauh tertinggal dari Vietnam dan Thailand,” tegas Soha.

Sekarang, tugas Timnas Indonesia U-16 untuk membungkam Soha. Sekadar diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 2022 yang dilangsungkan di Yogyakarta pada 31 Juli hingga 12 Agustus 2022. Timnas Indonesia U-16 tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina dan Singapura.

Okezone.com