Kualifikasi Piala Asia U-20: Timnas Vietnam Trauma Kembali ke Indonesia


Timnas Vietnam U-19 dikabarkan memiliki sedikit permasalahan ketika harus kembali ke Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-20.

Pada turnamen sebelumnya yakni Piala AFF U-19 2022, Timnas Vietnam U-19 berhasil memperoleh medali perunggu setelah mengalahkan Thailand.

Pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam dalam evaluasi turnamen tersebut mengaku tidak memiliki banyak waktu untuk membentuk kekuatan yang solid karena padatnya jadwal turnamen.

Kini, skuad Vietnam U-19 sedang kembali ke tanah air mereka untuk beristirahat sebelum bersiap kembali dalam persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20.

Berdasarkan hasil undian untuk Kualifikasi Piala Asia U-20, Vietnam U-19 berada di Grup F bersama dengan Timnas Indonesia, Hong Kong, dan Timor Leste.

Dalam aturan Kualifikasi Piala Asia U-20, sepuluh tim teratas dan lima tim peringkat kedua terbaik akan memperebutkan tiket ke babak final yang akan berlangsung di Uzbekistan 2023.

Vietnam U-19 sendiri telah lolos sebanyak enam kali berturut-turut sejak 2010. Prestasi terbaik skuad asuhan Dinh The Nam tersebut bahkan pernah mencapai semifinal turnamen pada tahun 2017 yang lalu.

Namun, itu adalah tahun-tahun yang lalu. Kini kekuatan tim di grup mereka akan sedikit berbeda. Vietnam bahkan mengakui Indonesia adalah sosok yang patut diwaspadai.

Hal itu berkat Timnas Indonesia U-19 yang telah berhasil menahan imbang Vietnam U-19 0-0 di Piala AFF U-19 2022 yang lalu.

Selain itu, gelontoran gol Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 yang lalu juga turut menjadi ancaman bagi siapapun yang akan berhadapan dengan pasukan Shin Tae-Yong.


Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan, tengah membawa bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

Vietnam Bersiap dengan Lakukan Training Camp ke Jepang

Berhasil menyabet medali perunggu di Piala AFF U-19 2022 tampaknya bukan lah target utama dari pasukan Dinh The Nam.

Vietnam yang merasa gagal atas hasil tersebut kini bakal disibukkan dengan agenda-agenda seperti mengikuti turnamen dan training camp di Jepang.

Agenda tersebut dilakukan guna mempersiapkan skuad Vietnam dalam menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 yang akan kembali dihelat di Indonesia.

Dilansir dari Lao Dong, sebelum kembali ke Indonesia, Timnas Vietnam U-19 dikabarkan akan mengikuti turnamen uji coba di Binh Duong pada 5-11 Agustus mendatang.

Adapaun lawan yang bakal dihadapi oleh Timnas Vietnam U-19 di turnamen tersebut adalah Jepang dan Arab Saudi.

Tak cukup sampai disitu, Timnas Vietnam juga akan berangkat ke Jepang untuk menjalani pemusatan latihan (TC) pada 13-26 Agustus.

Dinh The Nam mengatakan bahwa ia berencana menambah beberapa wajah baru untuk meningkatkan kualitas timnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 justru sedang ditinggal oleh sang pelatih, Shin Tae Yong untuk sementara waktu.

Shin Tae-Yong dipastikan akan mengambil cuti dan kembali ke Korea Selatan pada 20 Juli mendatang.

Sebagai informasi, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 bakal diikuti oleh 44 tim yang dibagi ke dalam 10 grup.

Dari 10 grup tersebut, ada empat grup yang dihuni oleh lima tim dan enam grup yang diisi oleh empat tim.


Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Protes PSSI Belum Ditanggapi AFF

Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyampaikan federasi telah melayangkan surat resmi terkait protes terkait pertandingan Thailand vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022 yang dinilai tidak mencerminkan sikap fair play.

Diketahui, duel Vietnam vs Thailand dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 berujung sama kuat 1-1. Belakangan, kedua tim dituduh tidak sportif karena enggan menyerang di 15 menit terakhir.

Pasalnya, skor itu mengantarkan Thailand dan Vietnam ke semifinal atau menyingkirkan timnas Indonesia U-19 karena unggul head to head.

Menyikapi hal itu, PSSI telah resmi mengirimkan surat protes ke AFF. Sayangnya, belum ada respons dari konfederasi sepak bola ASEAN.

"Sudah kami kirimkan suratnya. Tapi belum dikonfirmasi (AFF)," tutur Yunus Nusi kepada awak media melalui pesan singkat, Jumat (15/7/22).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama