Kabar Buruk Timnas U-19 Indonesia Usai Bantai Filipina, Shin Tae-yong Sampai Takut


Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong ungkap kondisi fisik para pemainnya yang dinilai mengkhawatirkan karena jadwal padat Piala AFF U-19 2022.

Kabar buruk ini diungkap Shin Tae-yong usai laga timnas U-19 Indonesia melawan Filipina pada matchday keempat fase grup A Piala AFF U-19 2022.

Pertandingan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat pada Jumat (8/7/2022) timnas U-19 Indonesia sukses melumat Filipina dengan 5-1.

Meski berhasil memetik kemenangan, nyatanya Shin Tae-yong masih dibuat belum tenang dan bahkan cenderung khawatir terhadap para pemainnya.

Hal ini berkaitan dengan jadwal Piala AFF U-19 2022 yang dinilai sangat padat, laga demi laga menguras habis stamina para pemain hingga membuat mudah terjatuh.

Kondisi itu sekaligus membuat pemain rawan mengalami cedera, terbukti dengan Marselino Ferdinan yang harus mengakhir petualangannya di turnamen ini lebih cepat.

"Bertanding satu kali dalam dua hari di tengah cuaca panas itu berbahaya untuk pemain. Apalagi di sini, suhu bisa 28-30 derajat celcius ketika bertanding," ucap Shin seperti dikutip dari Antara News.

"Itu membuat pemain menderita. Seharusnya ada jeda tiga sampai empat hari antarpertandingan agar performa pemain tetap terjaga," imbuhnya.

Meskipun Shin Tae-yong menilai anak asuhnya mulai terbiasa dengan kondisi turnamen yang dijalani dan ia merasa semua tim di turnamen juga turut merasakannya.

Namun pelatih asal Korea Selatan itu juga tak miskin strategi, rotasi pemain besar-besaran menjadi kunci bagaimana timnas U-19 Indonesia hadapi Piala AFF U-19 2022.

"Kami terus beradaptasi. Lagi pula, semua tim di turnamen ini merasakan kesusahan serupa. Saya antisipasi fisik untuk pertandingan berikutnya (vs Myanmar)," ujar Shin tae-yong.

"Jadi hampir semua starting diganti. Semua pemain untuk hari ini sangat bekerja keras. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih." imbuhnya.

Sementara itu, terkait duel Vietnam melawan Thailand, mantan pelatih timnas Korea Selatan ini tak ambil pusing dan tak mau capek-capek memprediksi hasilnya.

Shin meminta semuanya untuk tetap tenang dan menyaksikan bagaimana hasil dari pertandingan itu, fokus hanya untuk timnas U-19 Indonesia.

"Jujur, saya tidak bisa memprediksi (Vietnam vs Thailand) dan tidak tahu hasilnya akan bagaimana," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari Kompas.com.

"Pastinya, kedua tim bakal bekerja keras. Jadi, saya tidak bisa memprediksi. Hasilnya, nanti kita saksikan saja." imbuhnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama