Kabar Buruk di Balik Pesta Gol Timnas U-19 ke Gawang Brunei



Terdapat catatan minor dari Shin Tae-yong terhadap performa brilian timnas u-19 Indonesia saat membantai Brunei Darussalam di Piala AFF U-19 2022.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7/2022), timnas u-19 Indonesia pesta 7 gol tanpa balas.

Adapun pesta gol tersebut sudah dimulai sejak menit kedua pertandingan oleh penyerang Garuda Nusantara, Hokky Caraka.

Pemain bernomor punggung 9 itu menjadi pemeran utama dalam pertandingan Indonesia vs Brunei dengan mencetak quattrick atau empat gol (2', 14', 18', 45+1').

Sementara tiga gol lainnya ditorehkan oleh Ronaldo Kwateh (11'), Arkhan Fikri (20'), serta Alfriyanto Nico (61').

Di balik kemenangan telak itu, terdapat catatan minor yang disoroti oleh sang pelatih Shin Tae-yong.

Pasukan Shin Tae-yong memang tampil begitu ganas sejak menit pertama pertandingan.

Terbukti, Garuda Nusantara mencetak enam dari tujuh gol mereka ke gawang Brunei pada babak pertama.

Namun, performa mereka terlihat sangat jauh berbeda saat memasuki babak kedua.

Intensitas permainan timnas u-19 Indonesia cenderung menurun dan hanya mampu mencetak sebiji gol melalui Nico pada menit ke-61'.

Shin Tae-yong mengakui bahwa anak asuhnya di babak kedua tidak tampil sebagus babak pertama.

Menurutnya, penurunan performa itu bisa jadi disebabkan oleh konsentrasi pemain dan organisasi permainan yang tak berjalan baik usai pergantian personel.

"Kami memang mencetak enam gol pada babak pertama, sama satu gol pada babak kedua," kata Shin Tae-yong dikutip BolaStylo dari Kompas.com.

"Mungkin karena faktor konsentrasi pemain, sama pergantian pemain organisasinya tidak seperti pada babak pertama," jelasnya.

Hal ini menjadi kabar buruk bagi Garuda Nusantara yang pada laga selanjutnya akan melawan salah satu tim kuat di Piala AFF u-19 2022 yakni Thailand.

Thailand saat ini memuncaki klasemen Grup A Piala AFF u-19 2022 dengan raihan enam poin berkat dua kemenangan atas Filipina (1-0) dan Myanmar (3-0).

Mereka mengungguli Indonesia yang menghuni peringkat kedua dengan koleksi empat poin dari hasil imbang melawan Vietnam (0-0) dan menang atas Brunei (7-0).

Parahnya lagi, Shin Tae-yong belum pernah menang dalam empat pertemuannya melawan Thailand selama menangani timnas Indonesia.

Hasilnya, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong meraih dua imbang dan dua kekalahan.

Pertemuan itu terjadi di Kualifikasi Piala Dunia 2022 (2-2), dua kali di final Piala AFF 2020 (0-4, 2-2), dan semifinal SEA Games 2021 (0-1).

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap menatap laga melawan timnas u-19 Thailand dengan optimis.

"Sejak saya memegang timnas Indonesia, sudah bertemu tiga kali dengan Thailand, dua kali seri satu kali kalah," kata Shin Tae-yong.

"Tapi menurut saya tim cukup ada progresnya," tegas pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong tampak serius menganalisis permainan Thailand di Piala AFF u-19 2022.

"Saya tegaskan juga, walaupun pelatih kepalanya ganti, tidak mungkin timnya langsung jadi, pasti ada waktu untuk progresnya.

Laga timnas u-19 Indonesia vs Thailand juga akan bergulir di Stadion Patriot Candrabhaga.

Laga tersebut akan dimulai pada besok Rabu (6/7/2022) malam WIB.