Disebut Pemain Titipan di Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Rela Tamengi 'Lord' Razzaa




Shin Tae-yong pasang badan untuk Razzaa Fachrezi yang penampilannya sejauh ini di Piala AFF U-19 2022 bersama timnas Indonesia dikritisi.

Razzaa Fachrezi sepertinya jadi pemain yang permainannya paling disorot negatif oleh fans timnas Indonesia sejak Piala AFF U-19 2022 bergulir.

Akan tetapi pemain muda milik Persija Jakarta tersebut masih mendapat dukungan dari Shin Tae-yong yang menyebut semua penggawa Garuda Muda punya kualitas yang setara.

Layaknya kala melawan Vietnam, Razzaa diturunkan sebagai pemain pengganti di paruh kedua kala timnas Indonesia jumpa Brunei Darussalam.

Sayangnya sang pemain depan berusia 20 tahun itu gagal menunjukkan performa terbaik. Berulang kali Razzaa memperlihatkan pengambilan keputusan yang kurang matang.

Umpan-umpan atau tembakan yang ia lepaskan banyak yang luput dari sasaran. Akhinya permainan timnas Indonesia kala Razzaa Fachrezi berada di lapangan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, menjadi limbung.

Di babak pertama tuan rumah mampu menggelontorkan enam gol dengan duet Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh di lini depan namun pertujukkan serupa gagal terulang di paruh kedua.

Hanya satu kali kiper Brunei memungut bola dari gawangnya di babak kedua yakni di menit 61 hasil tembakan Alfriyanto Nico dan hingga peluit panjang dibunyikan Razzaa tidak kunjung berhasil mencatatkan nama di papak skor.

Hal ini membuat banyak pendukung Merah-Putih berang. Di media sosial ramai-ramai mereka menyindir Razzaa dengan sebutan 'lord' atau bahkan pemain titipan orang dalam.

Shin Tae-yong jelas tidak terima ada pemainnya yang dirundung. Dengan cepat juru taktik asal Korea Selatan itu pasang badan dan menyebut semua penggawa yang ia bawa ke Piala AFF U-19 2022 setara kualitasnya.

"Pada babak kedua setelah pergantian pemain, organisasi kami tidak sebaik babak sebelumnya. Selain itu konsentrasi juga menurun," beber Shin Tae-yong seperti yang dikutip dari Antara.


Razzaa Fachrezi, pemain Timnas Indonesia U-19.

Razzaa Pilih Sadar Diri

"Secara kualitas, semua pemain sama. Tidak ada pemain yang bagus atau jelek di dalam tim. Itulah kenapa di sini tidak ada (istilah) pemain inti atau pelapis," tambah pelatih kharismatik berusia 51 tahun itu.

Tidak ketinggalan Shin Tae-yong juga menambahkan jika ia ingin fans timnas Indonesia menjadi suporter yang tidak lupa pada tugas aslinya, yakni memberi dukungan.

Kesal terhadap performa seorang pemain memang sudah jadi resiko dan memberikan perundungan di media sosial sebagai bentuk reaksi jelas langkah yang salah.

Apalagi Razzaa Fachrezi masih merupakan pemain belia yang mentalnya masih jauh dari kata stabil sehingga wajar apabila bermain buruk akibat tekanan.

"Terkaiy bully (di dunia maya) mungkin (terjadi) karena masyarakat Indonesia sangat cinta dengan sepak bola. Lebih baik memberikan dukungan maksimal daripada ejekan," pungkas Shin Tae-yong kemudian.

Razzaa sendiri sepertinya sadar jika kini ia sedang dalam sorotan negatif dan pemilik nama panjang Teuku Razzaa Fachrezi Aziz itu tidak memungkiri jika ia memang kurang maksimal.

Bermain di kompetisi bergengsi macam Piala AFF U-19 2022 membuatnya grogi apalai ada jutaan pasang mata yang memperhatikan permainannya secara langsung maupun layar kaca.

"Mungkin saya kurang tenang, ya. Saya mendapatkan banyak pengalaman kali ini, ini juga merupakan debut saya di timnas," kata Razzaa Fachrezi usai pertandingan kontra Brunei Darussalam.

"Mungkin saya masih dalam proses (perkembangan). Semoga saya bisa membuktikan yang lebih baik lagi. (Ejekan) itu menjadi motivasi," imbuh pemain nomor 20 itu lagi.

Razzaa Fachrezi masih punya cukup kesempatan untuk merebut lagi kepercayaan fans timnas Indonesia dan Shin Tae-yong. Piala AFF U-19 2022 masih tersisa tiga pertandingan lagi belum termasuk babak gugur (knock out).


Pertandingan antara Indonesia U19 vs Brunai Darussalam U19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Senin (04/07/22).

Hokky Caraka Top Skor Piala AFF 2022

Berikut adalah update mengenai daftar pencetak gol terbanyak atau top skor sementara Piala AFF U-19 2022 untuk hari ini, Selasa (05/07/22).

Striker andalan Timnas Indonesia, Hokky Caraka, untuk saat ini berada di posisi puncak dengan koleksi empat gol hasil dua kali bertanding.

Hokky memborong empat gol tersebut dalam satu pertandingan melawan Brunei Darussalam pada Senin (04/07/22) lalu alias mencetak quatrick.

Hanya butuh dua menit saja bagi Hokky untuk mencetak gol perdananya di Piala AFF U-19 2022 melawan The Hornets di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Penempatan posisinya yang baik di kotak penalti membuat bomber berusia 17 tahun milik PSS Sleman itu hanya butuh satu sontekan untuk mengonversi umpan tarik mendatar dari Kakang Rudianto.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama