AFC Beri Kabar Bahagia untuk Fans Timnas Indonesia


Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) memberikan kabar bahagia untuk para fans Timnas Indonesia.

Diketahui, AFC telah mengonfirmasi bahwa Indonesia secara resmi telah memberikan dokumen Pernyataan Minat atau Expression of Interest (EoI) dari PSSI untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Jika Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah, maka hal ini akan menjadi kabar bahagia untuk para fans Timnas Indonesia.

Pasalnya, para fans Skuad Garuda bisa menonton sekaligus memberikan dukungan secara langsung dengan datang ke tribun stadion tempat berlangsungnya laga kelak.

Namun AFC mengabarkan bahwa Indonesia tidak sendirian, karena terdapat tiga negara lain yang juga mengajukan dokumen Pernyataan Minat atau Expression of Interest (EoI).

Ketiga negara tersebut adalah Australia (FFA), Korea Selatan (KFA) dan Qatar (QFA) yang siap meramaikan persaingan.

AFC sendiri mengundang para anggotanya untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah pada 31 Mei 2022 dengan batas waktu hingga 15 Juli 2022.

Setelah ini AFC akan menunggu PSSI, FFA, KFA dan QFA untuk menyerahkan dokumen penawaran tuan rumah maksimal sampai 31 Agustus 2022.

Kemudian, AFC akan melakukan evaluasi terhadap para calon. Tuan rumah Piala Asia 2023 akan diumumkan oleh Komite Eksekutif AFC pada 17 Oktober 2022.

Di sisi lain, PSSI sendiri sudah mendapatkan restu dari pemerintah Indonesia untuk bertarung mendapatkan status tuan rumah Piala Asia 2023.

Sejatinya pihak PSSI sendiri awalnya sempat ragu untuk menggelar ajang Piala Asia 2023 di Indonesia.

Alasannya sederhana, yakni waktu penyelenggaraan turnamen itu berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023 yang juga dilaksanakan di Tanah Air.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Sementara Piala Asia 2023 rencananya bergulir pada 16 Juni-16 Juli pada tahun yang sama.

Akan tetapi, PSSI akhirnya berani mengajukan diri setelah Presiden Joko Widodo memberikan lampu hijau. Hal tersebut disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali.

"Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan mengajukan diri (menjadi tuan rumah Piala Asia 2023-red). Nanti kita melihat keputusan AFC seperti apa," kata Zainudin Amali.(Ant)