Shin Tae-yong Bakal Antar Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Ada 5 Skenario Cantik


Meski tidak diungkap ke publik, kebiasaan Shin Tae-yong selama menangani Timnas Indonesia dapat membantu skuad Garuda bersaing dengan Yordania, Nepal dan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait pada 8-15 Juni 2022.

Tentu harapannya skenario ini berjalan mulus, sehingga Timnas Indonesia melaju ke putaran final.

Berikut 5 skenario cantik Shin Tae-yong bakal antar Timnas Indonesa lolos Piala Asia 2023:

1. Dibantu Pengalaman

Ketika membesut Timnas Korea Selatan U-23 di Piala Asia U-23 2016, Shin Tae-yong berpengalaman mengalahkan tim-tim Asia Barat. Sebut saja Yaman yang dibantai 5-0 dan Yordania (1-0).

Benar, kualitas pemain Timnas Indonesia dan Timnas Korea Selatan berbeda. Namun, Shin Tae-yong memiliki modal, yakni pengalaman menumbangkan tim-tim Asia Barat.

Sekadar diketahui, dua dari tiga lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 berasal dari Asia Barat, yakni Yordania dan Kuwait. Sekarang, harapannya Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

2. Andalkan Pemain Abroad

Shin Tae-yong terlalu bergantung kepada pemain abroad. Ketika pemain abroad absen, Shin Tae-yong kebingungan mengangkat performa asuhannya.

Beruntung, Timnas Indonesia diperkuat sejumlah pemain abroad di Kualifikasi Piala Asia 2023.Sebut saja Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), Elkan Baggott (Ipswich Town) hingga Saddil Ramdani (Sabah FC).

3. Menang Lawan Kuwait

Lolos atau tidaknya Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023 bisa dibilang bergantung kepada hasil laga pertama. Timnas Indonesia akan jumpa tuan rumah Kuwait pada Rabu, 8 Juni 2022.

Jika Timnas Indonesia menang atas Kuwait, satu kaki skuad Garuda sudah tiba di putaran final. Sebab, kepercayaan diri Timnas Indonesia bakal meningkat saat bersua Yordania dan bukan tak mungkin, hasil positif kembali didapat. Sebagai tambahan informasi, hanya juara grup dan lima runner-up terbaik (dari enam grup) yang lolos ke Piala Asia 2023.

4. Fullback atau Wing Back Lengkap

Setelah Piala AFF 2020, Shin Tae-yong akhirnya bisa mengandalkan dua fullback terbaiknya, Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan. Terhitung sejak Piala AFF 2020, ketika kedua nama di atas bermain berbarengan, Timnas Indonesia tak pernah kalah.

Ketika Timnas Indonesia kalah 0-4 dari Thaiand di leg I final Piala AFF 2020, Pratama Arhan absen karena terkena akumulasi kartu. Satu hal yang pasti, tiap kali kedua pemain ini mentas bareng, Timnas Indonesia tak terkalahkan, Tentu harapannya, dua nama di atas bakal banyak membantu Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

5. Parkir Bus

Shin Tae-yong berpotensi mengandalkan formasi parkir bus saat dihadapkan Kuwait dan Yordania. Pola lima bek bukan tak mungkin kembali andalkan Shin Tae-yong, layaknya saat menahan Vietnam 0-0 di Piala AFF 2020.

Meski bermain bertahan, bukan berarti Timnas Indonesia tak bisa menyerang. Kecepatan Witan Sulaeman dapat diandalkan Shin Tae-yong untuk menerobos pertahanan Kuwait dan Yordania lewat serangan balik cepat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama