Pemain Timnas Indonesia Pasang Wajah Murung, Shin Tae-yong Ngamuk, Omongan Gong Oh-kyun Terbukti?


SHIN Tae-yong ngamuk pemain Timnas Indonesia pasang murung di sesi latihan jelang Kualifikasi Piala Asia 2023. Apakah ini membuktikan omongan eks asisten Shin Tae-yong yang kini berstatus pelatih Timnas Vietnam U-23, Gong Oh-kyun, benar adanya?

Timnas Indonesia menghadapi misi mahasulit di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait pada 8-15 Juni 2022. Sebab, Timnas Indonesia satu grup dengan tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal.

Shin Tae-yong

(Shin Tae-yong kesal pemain Timnas Indonesia pasang wajah murung jelang Kualifikasi Piala Asia 2023)

Untuk lolos otomatis ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia wajib keluar sebagai juara grup. Jika finis runner-up, dari enam runner-up hanya lima di antaranya yang melaju ke putaran final.

Namun, ketika dibutuhkan semangat membara jelang turun di Kualifikasi Piala Asia 2023, Witan Sulaeman dan kawan-kawan justru pasang wajah murung di sesi latihan. Hal itulah yang membuat Shin Tae-yong naik pitam.

“Kalian harus pikir baik-baik. Kita sudah jauh-jauh ke sini naik pesawat. Capek terbang, tetapi murung terus seperti ini,” semprot Shin Tae-yong mengutip dari YouTube PSSI.

“Memangnya kita tak boleh peringkat satu di grup (kualifikasi)? Kalo kita peringkat satu, kita bisa pulang ke Indonesia dengan senyum bahagia,” lanjut Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong pun memberi pengandaian. Ia menilai para pemain Timnas Indonesia bakal lebih murung jika gagal lolos ke Piala Asia 2023. Karena itu, ia meminta pemain-pemain Timnas Indonesia untuk tampil penuh semangat, baik itu di sesi latihan dan pertandingan.

“Bagaimana kalau kita gugur? Pasti akan menunduk dan lebih capek. Kalau kita pulang dalam kondisi seperti itu, pasti capek hati juga,” ujar Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Gong Oh-kyun juga menyebut pemain Timnas Indonesia tak memiliki semangat layaknya pemain Vietnam. Hal ini membuktikan tidak semua pemain Timnas Indonesia mempunyai semangat juang, baik itu di sesi latihan maupun pertandingan resmi.

Gong Oh-kyun

(Gong Oh-kyun saat menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pada 2020)

“Saya memilliki waktu yang singkat menangani pemain muda Indonesia. Kesan pertama yang saya dapati, pemain agak jauh, susah didekati dan kurang ramah. Di sesi latihan pun, pemain Indonesia kesulitan untuk beradaptasi,” kata Gong Oh-kyun dalam podcast di media Vietnam, Zing News.

“Pemain Timnas Indonesia tidak memiliki semangat yang cukup baik. Semua berbeda ketika saya pindah ke Vietnam. Saya melihat pemain Vietnam lebih memiliki tekad, bekerja keras dan menunjukan sikap progresif seperti pemain Korea. Itu yang membuat saya bersemangat,” tutup Gong Oh-kyun yang baru saja membawa Vietnam menahan Korea Selatan 1-1 di Piala Asia U-23 2022.

Okezone.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama