Menang atas Nepal, Timnas Indonesia Akan Melesat 2 Posisi di Ranking FIFA


Timnas Indonesia akan mendapat tambahan poin yang bisa membuat naik 2 posisi di peringkat FIFA andai menang atas Nepal pada matchday ketiga grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Selasa (14/6/2022).

Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, pada Selasa pukul 22.15 waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Laga melawan Nepal sangat krusial bagi Indonesia karena bisa memengaruhi kelolosan pasukan Garuda ke putaran final Piala Asia 2023.

Saat ini Indonesia masih berada di peringkat kedua dengan 3 poin, sementara Yordania ada di puncak klasemen dengan 6 poin, Kuwait di posisi ketiga dengan 3 poin, dan Nepal posisi paling buncit tanpa poin.


Timnas Indonesia masih bisa menjadi juara grup A, di mana akan dapat jatah tiket lolos otomatis ke Piala Asia 2023.


Syaratnya, Indonesia menang besar atas Nepal dan Kuwait menang atas Yordania dengan skor 1-0.

Meski demikian, peluang realistis Indonesia adalah membidik lolos dengan status runner-up terbaik.

Untuk diketahui, hanya ada 5 runner-up terbaik dari 6 grup yang akan lolos ke Piala Asia 2023.

Oleh karena itu, timnas Indonesia diharapkan menang dengan skor berapapun atas Kuwait.

Sementara di laga lain, Yordania bisa mengalahkan Kuwait dengan skor berapapun.

Dengan skenario seperti ini, Yordania akan memperoleh nilai 9 jadi juara grup A, sedangkan Indonesia dengan poin 6 akan jadi salah satu runner-up terbaik.

Selain mempengaruhi kelolosan, kemenangan atas Nepal juga turut mengatrol posisi Indonesia di Ranking FIFA.


Setelah menang atas Kuwait dan kalah dari Yordania, timnas Indonesia saat ini memiliki 1007,79 poin dan menempati ranking 158 FIFA.

Dilansir BolaSport.com dari perhitungan situs football-ranking.com, kemenangan atas Nepal akan membuat Indonesia punya tambahan 11,36 poin.

Artinya Indonesia akan memiliki 1019,04 poin.

Perolehan ini akan membuat Indonesia naik ke peringkat 156, melewati Taiwan dan Maladewa.

Taiwan sendiri tidak bertanding dalam Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sedangkan Maladewa jika menang atas Sri Lanka, hanya akan mengumpilkan 1018,31 poin, jumlah poinnya lebih sedikit ketimbang Indonesia (jika menang atas Nepal).

Sementara itu jika imbang lawan Nepal, Indonesia justru memiliki pengurangan poin sebesar 1,14 dan jika kalah pasukan Garuda mendapat pengurangan poin sebesar 13,64.


Perayaan Timnas Indonesia dihadapan para suporter usai menang atas Kuwait pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023Perayaan Timnas Indonesia dihadapan para suporter usai menang atas Kuwait pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 (Yoo Jae-hoon Instagram)
BOLASPORT.COM

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama