Media Vietnam Kaget Lihat Skuat Mengerikan Timnas Indonesia U-19 Jelang Bentrok di Piala AFF


Persiapan Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong jelang menghadapi Piala AFF U-19 2022 terus mendapatkan perhatian dari beberapa media Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong sebelumnya telah memanggil 30 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF U-19 2022.

TC yang dipimpin langsung oleh juru taktik asal Korea Selatan tersebut telah digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta sejak Selasa (21/06/22) kemarin.

Namun, sesi latihan perdana Timnas Indonesia U-19 jelang Piala AFF U-19 2022 ini membuat media Vietnam, Soha.vn sangat kaget.

Hal itu lantaran Shin Tae-yong memanggil tiga pemain keturunan Belanda yaitu Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel. Ketiganya terlihat langsung menyantap menu latihan keras di hari pertama.

Tidak hanya tiga pemain Eropa, adanya dua sosok bintang yaitu Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan juga membuat Soha.vn gemetar.

Namun media tersebut agak sedikit lega karena Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel tidak akan didaftarkan di Piala AFF U-19 2022. Mereka kemungkinan akan diikutkan saat menghadapi Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

"Pelatih Shin Tae-yong menegaskan bahwa tujuan Timnas Indonesia adalah memenangkan Kejuaraan Asia Tenggara U-19 saat memegang keunggulan tuan rumah," tulis Soha.vn.

"Secara khusus, pelatih Shin Tae-yong telah memutuskan untuk memanggil ketiga pemain muda keturunan Belanda yaitu Kai Davy Boham, Jim Croque dan Max Christoffel."

"Di angkatan U19 Indonesia saat ini, ada 2 pemain yang dipanggil ke timnas dan U23, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan."

"Pelatih Shin Tae-yong juga mengakui bahwa memegang tiga tim secara bersamaan tidak mempengaruhi kualitas pekerjaannya," imbuhnya.

Timnas Indonesia Bersua Vietnam di Laga Perdana

Kepanikan media Vietnam mengenai persiapan Timnas Indonesia U-19 tidak lain karena Skuat Garuda muda bakal menantang tim berjulukan The Golden Star di laga perdana Piala AFF U-19 2022.

Timnas Indonesia U-19 telah tergabung ke dalam Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina. Sedangkan Grup B dihuni Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja, dan Singapura.

Ronaldo Kwateh dkk diuntungkan untuk mengakhiri puasa gelar karena bertatus sebagai tuan rumah. Laga perdana kontra Vietnam akan digelar di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi pada Sabtu (02/07/22) pukul 20.30 WIB mendatang.

Ini menjadi tugas berat yang harus diterima Shin Tae-yong seusai membawa Timnas Indonesia senior mendapatkan tiket lolos ke Piala Asia 202.

Shin Tae-yong dituntut agar bisa sejajar dengan Indra Sjafri di level skuat U-19. Pasalnya, Indra Sjafri merupakan mantan pelatih Skuat Garuda U-19 yang sempat membawa Evan Dimas dkk meraih juara Piala AFF U-19 edisi 2013 silam.

Setelah itu, Timnas Indonesia selalu gagal meraih gelar juara. Pada edisi 2019 lalu, Garuda Muda era Bagus Kahfi sempat lolos ke semifinal namun harus kalah 3-4 dari musuh bebuyutan, Malaysia

Shin Tae-yong Bakal Coret 7 Pemain Timnas Indonesia U-19


Di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong hanya bisa mendaftarkan 23 pemain. Hal ini membuatnya bakal mencoret sebanyak tujuh pemain Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong mengaku akan berkoordinasi dengan asisten pelatih, Dzenan Radoncic. Hal itu lantaran Shin Tae-yong tidak melihat langsung performa para pemain saat mengikuti ajang Toulon Tournament 2022 beberapa waktu lalu.

"Kami dalam persiapan sangat baik, jadi target kita memang juara karena main home juga. Nanti ada 23 pemain akan dibawa ke AFF," kata Shin Tae-yong.

"Jujur saya tidak ikut ke Prancis ya, jadi tidak pernah melihat langsung performa para pemain U-19 bagaimana dan hanya nonton saja melalui video."

"Jadi, saya tidak bisa menilai 100 persen bagaimana performa para pemain, tapi waktu itu pun lawan Indonesia itu pemain U-21 dan U-23, sedangkan kalau kita U-19 semua."

"Jadi kalau melihat performa dan perubahan para pemain itu sangat baik, walaupun saya melihat lewat TV saja. Jadi saya percaya untuk kedepannya pasti akan lebih baik lagi," pungkasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama