Jika Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, 5 Stadion ini Layak untuk Dipakai

JIS Stadium (Foto: IG Jakintstadium/@Muhlisabdi2019)

TIM Nasional (Timnas) Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 usai menempati posisi runner-up terbaik. Indonesia pun berpeluang menjadi salah satu calon tuan rumah ajang tersebut.

Sebagaimana diketahui, China yang ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Asia tahun depan memutuskan mundur sebagai tuan rumah, setelah Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

Kini, AFC akhirnya menawarkan semua negara yang termasuk dalam asosiasi untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, termasuk Indonesia. Mereka memberikan tenggat waktu kepada negara asosiasi hingga akhir Juni 2022 mendatang.

Indonesia sendiri masih mengkaji penawaran tersebut, mengingat Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun depan. 

Di sisi lain, Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar dikabarkan sudah menunjukkan keseriusannya untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sementara itu, Indonesia sejatinya memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah Piala Asia. 

Pasalnya persyaratan yang harus dipenuhi sebagai tuan rumah di antaranya memiliki sedikitnya lima stadion dengan kapasitas minimal 20 ribu penonton.

Selain itu, ada satu stadion khusus untuk menggelar acara pembukaan dan final dengan minimal kapasitas 40 ribu penonton. Kemudian tuan rumah harus menyediakan venue pertandingan dengan minimal dua lapangan latihan untuk dua grup.

Indonesia sendiri memiliki beberapa stadion yang bisa menampung lebih dari 40 ribu penonton. Terlebih stadion-stadion di Indonesia sempat digunakan untuk ajang Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Berikut 5 Stadion yang layak dipakai dan diajukan Indonesia jika ingin menjadi tuan rumah Piala Asia 2023:

1.  Jakarta International Stadium (JIS)

Stadion yang terletak di Tanjung Priuk, Jakarta Utara, ini dibangun  di atas lahan seluas 22,1 hektar. JIS digadang-gadang menjadi salah satu stadion terbesar di Asia.

Hal itu tercermin dari kapasitas penonton yang mencapai 82.000 tempat duduk. Kapasitas tersebut lebih besar dibanding stadion megah lain di Asia, seperti Stadion Shah Alam (Malaysia) dan Japan National Stadium (Jepang).

2. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Belum ada stadion yang mampu menggeser Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai stadion terbesar di Indonesia. Jika melihat lokasi dan fungsinya, memang sudah sewajarnya stadion ini menjadi yang terbesar.

JAKARTA - Warga berolahraga di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (15/1/2022). Memasuki libur akhir pekan kawasan SUGBK ramai dikunjungi warga untuk berolahraga. Berolahraga di kawasan SUGBK menjadi salah satu p

Berlokasi di DKI Jakarta, SUGBK memiliki kapasitas kurang lebih 77 ribu penonton. Stadion ini sering menjadi panggung ketika timnas sepak bola Indonesia menjamu lawannya di ajang pertandingan internasional.

3. Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) berada di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 kursi penonton.

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Stadion GBLA) akan dikelola swasta sehingga bisa menjadi home base Persib Bandung (Foto: Istimewa)

Sejak diresmikan pada 9 Mei 2013, GBLA beberapa kali menjadi kandang Persib Bandung. GBLA pun memiliki fasilitas yang cukup lengkap hingga mengantongi standar internasional.

4. Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Stadion Gelora Sriwijaya memiliki kapasitas yang mampu menampung hingga kurang lebih 45.000 penonton. Stadion sepak bola yang dikenal juga dengan Stadion Jakabaring ini merupakan yang terbesar di pulau Sumatera dan menjadi markas tim Sriwijaya FC.

Selain digunakan untuk sepak bola, Stadion yang berdiri sejak 2004 ini pernah menjadi lokasi perhelatan PON XVI dan upacara pembukaan serta penutupan Sea Games 2011.

5. Stadion Batakan Balikpapan

Stadion Batakan Balikpapan (Foto: Wikipedia)

Stadion Batakan berada Batakan, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Stadion ini pun memiliki kapasitas 40 ribu penonton.

Stadion Batakan diresmikan pada 2017 lalu, desain stadion ini pun disebut mirip dengan Emirates Stadium kandang Arsenal. Tak hanya desainnya saja yang mirip, stadion ini juga memiliki standar internasional seperti halnya stadion-stadion terbesar di Indonesia yang lain.

sportstars.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama