Jeong Kyun-jun dan Park Hang-seo Calon Kuat Pengganti Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia?

Jeon Kyung-jun bisa menjadi suksesor Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. (Foto: Twitter/@KORFootballNews)

SHIN Tae-yong berpotensi meninggalkan jabatan pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23 kelar Kualifikasi Piala Asia 2023. Menurut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Shin Tae-yong diminta fokus membesut Timnas Indonesia U-20 yang dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Dalam pengakuan Mochamad Iriawan, Shin Tae-yong keteteran menangani tiga tim sekaligus yakni Timnas Indonesia senior, U-23 dan U-20. Jika ingin sukses di Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong wajib fokus menangani Timnas Indonesia U-20 saja.

(Shin Tae-yong fokus membesut Timnas Indonesia U-20)

"Menurut saya, sekarang dia keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut. Jadi kami akan merekomendasikan Shin hanya memegang timnas untuk Piala Dunia U-20," kata Iwan Bule mengutip dari ANTARA, Selasa (7/6/2022).

"Kami menunggu Shin kembali dari Kuwait. Setelah itu, kami akan mendiskusikannya. Jadi nanti timnas U-23 dan senior diserahkan ke yang lain," tegas Iwan Bule.

Lantas, siapa yang akan menjadi suksesor Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-23? Jika boleh memilih, Shin Tae-yong diprediksi bakal memilih rekan sekompatriotnya.

Sebab, dengan begitu, komunikasinya dengan pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23 akan berjalan lancar. Sosok pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, bisa masuk radar PSSI.

Kontrak Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam berakhir pada 31 Januari 2023. Dalam sebuah wawancara, Park Hang-seo mengonfirmasi Piala AFF 2022 yang berlangsung akhir tahun ini bakal menjadi turnamen terakhirnya bersama Timnas Vietnam.

(Park Hang-seo bisa jadi suksesor Shin Tae-yong)

Karena itu, jangan heran jika Park Hang-seo melanjutkan karier bersama Timnas Indonesia. Terlebih, pelatih 64 tahun ini disinyalir mengagumi permainan Timnas Indonesia, mengingat hanya sekali absen menyaksikan laga Timnas Indonesia U-23 dari stadion di SEA Games 2021.

Untuk jabatan pelatih Timnas Indonesia U-23, sosok Jeong Kyun-jun dapat dikedepankan. Pelatih 48 tahun ini baru saja meninggalkan jabatan pelatih klub asal Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

Jeong Kyun-jun pun bukanlah sosok asing bagi Shin Tae-yong. Ia pernah menjadi asisten Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan U-23 (2015-2016), Korea Selatan U-20 (2017) dan senior (2017-2018).

Jurnalis asal Korea Selatan, Steven Han, pun sudah mendorong PSSI. Ia meminta PSSI untuk mengangkut Jeong Kyun-jun, berhubung yang bersangkutan sedang tak terikat kontrak dengan klub mana pun.

“Berita besar bagi Indonesia. Jeon Kyung-jun pernah memainkan posisi penting sebagai asisten Shin Tae-yong. Ia merupakan bagian staf pelatih ketika Korea Selatan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018. Indonesia harus mendorong reuni Jeon Kyung-jun dengan Shin Tae-yong,” tulis Steve Han di akun Twitter-nya, @realstevescores.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama