Diperkuat 3 Bintang Keturunan Eropa, Timnas U-19 Pesta Gol Lawan Tim Prancis


Diperkuat tiga pemain keturunan Eropa, skuat Timnas Indonesia yang melanjutkan pemusatan latihan di Prancis berhasil pesta gol kemenangan di laga uji terbaru.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia sejak bulan Mei lalu memang tampil di kompetisi Toulon Tournament yang berlangsung di Prancis.

Namun sayang, dalam ajang tersebut Timnas Indonesia hanya mampu finish diperingkat tiga klasemen Grup B dengan raihan satu kemenangan dan dua kekalahan.

Meski gagal lolos ke babak semifinal, namun Timnas Indonesia masih lakoni satu laga terakhir yakni dalam perebutan peringkat kesembilan.

Akan tetapi, Timnas Indonesia yang menghadapi Aljazair gagal meraih kemenangan setelah kalah adu penalti.

Usai berakhirnya gelaran Toulon Tournament, Timnas Indonesia ternyata masih melanjutkan pemusatan latihan di Prancis dan dikabarkan baru melakoni laga uji coba kontra tim lokal.

Melansir dari akun media sosial @idn_abroad yang kerap membagikan informasi para pemain Indonesia di luar negeri, diketahui bahwa skuat Garuda muda baru saja jalani pertandingan persahabatan kontra Racing Club Toulon U-20.

Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-19 berhasil meraih kemenangan telak 3-1 atas tim yang di level seniornya saat ini sedang mentas di ajang National 2 Grup C atau kasta keempat Liga Prancis.

Menariknya di pertandingan kontra Racing Club Toulon U-20 tersebut, Timnas Indonesia U-19 diperkuat oleh tiga pemain keturunan yang mentas di Eropa.

Ketiga pemain yang ikut dipanggil dalam TC kali ini adalah Jim Croque (striker), Kai Davy Boham (Centre Back), serta Max Crostofel (Bek Kiri).

Kai Boham, Bek Berdarah Surabaya di Eropa Opsi Alternatife Lini Pertahanan Timnas Indonesia

Kai Boham Cetak Gol

Walau baru pertama kali memperkuat Timnas Indonesia U-19, namun ketiga pemain keturunan tersebut mampu tampil impresif dan membantu skuat Garuda muda meraih kemenangan.

Bahkan salah satu bintang keturunan, Kai Davy Boham, mampu menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-1 atas Racing Club Toulon U-20 kemarin.

Kabar Kai Davy Boham turut mencetak gol buat Timnas Indonesia U-19 diketahui dalam postingan pribadi sang pemain, di mana bek berusia 18 tahun itu mengaku berhasil satu kali menjebol gawang tim lawan.

Selain Kai Davy Boham, nama pemain keturunan lain yakni Jim Croque juga berhasil menarik perhatian bahkan sebelum penampilannya bersama skuat Timnas U-19.

Pasalnya, pemanggilan Jim Croque ke timnas Indonesia U-19 rupanya tidak hanya disambut dengan kegembiraan oleh fans Tim Garuda saja.

Klub pemain berdarah Belanda tersebut, Vitesse Arnhem, pun turut larut dalam suka cita dan memberi sang striker muda ucapan selamat.

Kepastian Croque menjadi bagian dari timnas Indonesia U-19 mereka umumkan pada Selasa (07/06/22) lalu.

"Jim Croque mendapatkan panggilan dari Indonesia U-19 yang akan menggelar pemusatan latihan," tulis akademi Vitesse di Instagram mereka.

"Nantinya mereka akan mengikuti kejuaraan Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 pada 2023," tambah kesebelasan kasta teratas Liga Belanda atau Eredivisie tersebut.

Target di Piala Asia U-20

Rencana PSSI untuk mendaftarkan Croque sebagai anggota timnas Indonesia memang sudah ada sejak lama dan pemuda 17 tahun itu adalah salah satu talenta belia paling hot yang bisa dicaplok dari Belanda.

Croque adalah pemain reguler untuk Vitesse Arnhem U-18 dengan torehan 14 gol dari 20 penampilan khusus di ajang liga junior divisi 2 Negeri Kincir Angin.

Bakat Croque bahkan sempat membawanya promosi dan mendapatkan menit bermain bersama tim U-21 di empat pertandingan.

Musim ini bersama dua rekan berdarah Belanda-Indonesia lainnya, Xiamaro Thenu dan Kaya Symons, bahkan mewarnai musim 2021/2022 dengan trofi Terborg Toernooi yang merupakan turnamen kelompok usia yang mengundang banyak akademi tim-tim top dunia.

Dengan kehadiran para pemain keturunan sekelas Jim Croque, Kai Davy Boham serta Max Crostofel, diharapkan dapat membantu Timnas Indonesia U-19 lolos dari kualifikasi Piala Asia U-20 2023 serta tampil maksimal dalam gelaran Piala Dunia U-20.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama