Dinilai Keteteran, PSSI Akan Pangkas Tugas Shin Tae-yong dari Timnas Senior?


Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong cukup keteteran tangani tiga kelompok Timnas. Ada kemungkinan, juru taktik asal Korea Selatan itu difokuskan ke satu tim saja.

Shin Tae-yong kini menangani Timnas U-19/20, U-23 dan senior. Hal itu membuat fokusnya terbagi dan hasilnya dinilai kurang maksimal.

Ketum PSSI menjelaskan akan melakukan diskusi dengan Shin Tae-yong setelah pulang dari Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait.

"Kualifikasi lagi jalan, nanti Shin Tae-yong pulang, kami akan rapat kembali. Seperti kemarin di Bandung, kami panggil yang bersangkutan memaparkan road map-nya, saya bilang kenapa tidak sesuai target," buka Ketum PSSI.

"Sebenarnya kami ingin dia (Shin Tae-yong) khusus U-20, dari awal pertama kami kontrak, tapi Shin Tae-yong ingin semua ditangani, U-20, U-23, dan senior. Dia ingin lihat perkembangan dari junior ke senior," katanya.

"Ternyata mungkin sekarang menurut saya keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut," lanjut Iwan Bule, sapaan M. Iriawan.

Melihat situasi yang ada, PSSI berencana memangkas tugas Shin Tae-yong. Federasi ingin juru taktik 52 tahun itu fokus ke Timnas U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Pasalnya, Indonesia akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Kemungkinan Timnas U-23 diserahkan ke pelatih lain.

"Kami akan diskusikan, kami akan rekomendasikan, rencananya kalau bisa hanya untuk kelompok umur saja. Kalau penggantinya lihat dulu, karena Shin Tae-yong belum tentu hanya mau U-20," jelas Ketum PSSI.

"Saya yakin kalau senior dan U-20 kami kasih kan, kalau U-23 biar kami serahkan ke yang lain," katanya.


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Nasib Shin Tae-yong Ditentukan Usai Kualifikasi Piala Asia

Ketika disinggung peluang Shin Tae-yong dilepas dari Timnas senior, Iwan Bule belum bisa memastikan. Tapi, semua hal dikatakan bisa terjadi di masa depan.

"Belum, kami berkeinginan begitu. Yang U-20 harus (Shin Tae-yong) dan U-23 serta senior biar kasih saja ke pelatih lain, tapi kami tunggu kembali dari Kuwait (kualifikasi Piala Asia), kami akan diskusikan," ujarnya.

Shin Tae-yong dikontrak PSSI selama empat tahun. Dia datang pada akhir 2019 dan diminta persiapan Timnas U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021, yang akhirnya batal karena pandemi covid-19.

Selama tangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong membawa Timnas U-23 raih medali perunggu di SEA Games 2021. Dia juga antarkan timnas senior jadi runner up Piala AFF 2020.

Performa dari pelatih Timnas Shin Tae-yong saat ini tengah banyak disoroti oleh para pecinta sepak bola tanah air belakangan ini.

Terlebih, usai imbangnya Timnas Indonesia di pertandingan FIFA Matchday melawan Bangladesh pada Rabu (01/06/22), yang membuat Shin Tae-yong semakin tuai kritikan.

Tak sedikit netizen yang melontarkan komentar pedas kepada Shin Tae-yong di media sosial terkait hasil imbang Timnas melawan Bangladesh kemarin.

Saat tengah diwawancarai oleh team INDOSPORT di acara Jebreeet Tarkam, salah satu legenda Timnas, Gendut Doni, berpendapat bahwa sampai saat ini performa Timnas selama di bawah naungan Shin Tae-yong memang belum membuahkan hasil.


Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22).

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Berikut ini jadwal lengkap Timnas Indonesia di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, di mana pasukan Shin Tae-yong sudah ditunggu tuan rumah Kuwait.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong mampu lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah mendulang kemenangan dengan skor agregat 5-1 atas Taiwan di play-off.

Ini akan menjadi pertama kalinya Timnas Garuda kembali ke pentas Asia setelah absen satu dekade lebih.

Kali terakhir Garuda Nusantara ikut Piala Asia pada tahun 2007. Itu pun karena Indonesia berstatus sebagai tuan rumah bersama Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Kali ini, Timnas Indonesia yang dikomandoi Shin Tae-yong bakal berjuang memperebutkan satu tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama