Australia Terpilih, Timnas Indonesia Batal ke Piala Asia 2023


Timnas Indonesia terancam batal ke Piala Asia 2023 jika Australia terpilih menjadi tuan rumah menggantikan China yang mengundurkan diri akibat pandemi covid-19.

Pasalnya, Australia meminta tambahan waktu untuk persiapan turnamen akbar se-Asia tersebut sehingga berencana memundurkan jadwal Piala Asia 2023 selama satu tahun.

Jika hal ini terjadi, maka Timnas Indonesia tidak akan bermain pada Piala Asia tahun depan, tapi melainkan di 2024.

Kabar ini disampaikan langsung oleh juru bicara Federasi Sepak bola Australia (FFA) seperti dilansir dari Reuters, Rabu (22/6).

"Kami sedang berdiskusi dengan AFC dan pemerintah secara paralel sambil menentukan proses dan kepentingan kami," ujar juru bicara FFA.

Selain karena membutuhkan waktu lebih untuk persiapan, Australia juga perlu menunda Piala Asia 2023 karena pada tahun yang sama juga akan menggelar Piala Dunia Wanita.

Oleh karena itu, Australia mungkin tidak akan menjadi prioritas bagi Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) karena alasan tersebut.

Di sisi lain, dua negara yang berpeluang besar menjadi tuan rumah saat ini yaitu Korea Selatan dan Jepang.

Kedua negara tersebut diketahui juga mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 kepada AFC.

Selain tidak menetapkan syarat penundaan kick-off, Jepang dan Korea juga bisa menjadi kandidat kuat karena memiliki keunggulan dalam hal fasilitas dan pengalaman menjadi tuan rumah perhelatan sepak bola kelas dunia.(*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama