5 Prestasi Shin Tae Yong, Masa Depan Timnas Indonesia Terjamin


Terdapat lima prestasi pelatih Shin Tae Yong yang bisa membuat masa depan Timnas Indonesia lebih terjamin.

Timnas Indonesia berhasil memastikan diri tampil di Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Nepal dengan skor 7-0 di laga pemungkas Grup A kualifikasi pada Rabu (15/6) dini hari WIB.

Hasil ini sekaligus menjadi akhir dari penantian panjang Timnas Indonesia untuk bisa kembali berlaga di pentas tertinggi Asia sejak terakhir kali di tahun 2007.

Kesuksesan ini tentu tidak terlepas dari tangan dingin Shin Tae Yong yang tak kenal lelah menempa fisik, mental serta taktik penggawa skuad Garuda.

Meskipun belum memiliki gelar juara, tetapi Timnas Indonesia di era Shin Tae Yong terlihat memiliki kemajuan yang pesat dan menorehkan beberapa prestasi.

Berikut ini 5 prestasi Shin Tae Yong sejak didapuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada akhir 2019.

1. Runner-up Piala AFF 2020

Timnas Indonesia berhasil memberikan kejutan saat menungguli Vietnam dan lolos dari babak penyisihan grup sebagai juara.

Dengan skuad yang diisi oleh sebagian besar pemain muda, Timnas Indonesia berhasil menyabet posisi runner-up usai kalah atas Thailand di final.

2. Medali perunggu SEA Games 2021

Timnas Indonesia berhasil mempersembahkan medali perunggu SEA Games 2021 setelah menumbangkan Malaysia melalui adu penalti.

3. Taklukkan Tim Timur Tengah

Pada awal babak penyisihan Grup A Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sempat diremehkan karena berada digrup yang sama dengan tim kuat seperti Kuwait dan Yordania.

Namun, secara mengejutkan Timnas Indonesia mampu meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas Kuwait di laga perdana dan secara otomatis langsung mengubah peta persaingan Grup A.

4. Bantai Nepal 7-0

Pembantaian 7-0 atas Nepal juga menjadi bukti taktik Shin Tae Yong berjalan dengan baik dan menjadi penentuan Timnas Indonesia bisa mengamankan satu tempat di Piala Asia 2023.

5. Peningkatan Ranking FIFA

Sejak berada di bawah asuhan Shin Tae Yong, Timnas Indonesia terus memperbaiki posisinya diperingkat dunia versi FIFA.

Terbaru, kemenangan atas Nepal membuat ranking Timnas Indonesia diprediksi langsung melonjak 4 tangga dari 159 menjadi 155.(*)

GenPI.co

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama