5 Pelatih yang Bisa Gantikan Posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

SHIN Tae-yong masih memiliki kontrak melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia hingga akhir Desember 2023. Kendati demikian, tak menutup kemungkinan Shin Tae-yong bisa dipecat PSSI jika tidak juga memberikan hasil yang positif untuk Timnas Indonesia.

Beberapa nama lantas diisukan mampu menggantikan peran pelatih asal Korea Selatan tersebut. Sejumlah nama tersebut ada yang datang dari luar negeri dan ada yang berasal dari dalam negeri. Lantas siapa saja mereka?

Berikut 5 Pelatih yang Bisa Gantikan Posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:

5. Jeon Kyung-jun

Jeong Kyung-jun

Jeon Kyung-jun adalah pelatih asal Korea Selatan yang saat ini sedang menganggur. Klub terakhir yang ditanganinya adalah Jeonnam Dragons yang bermain di K-League 2 alias kasta kedua di Liga Korea Selatan sejak musim 2019-2020 hingga 2021-2022.

Selain menangani klun, Jeon Kyung-jun juga pernah menajdi asien pelatih Timnas Korea Selatan U-20, U-23, dan Timnas Korea Selatan senior. Pelatih berusia 48 tahun tersebut pun pernah membawa Jeonnam Dragons juara Piala Korea di musim 2020-2021.

4. Park Hang-seo

Park Hang-seo

Kontrak Park Hang-seo bersama Timnas Vietnam akan berakhir usai Piala AFF 2022. Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengatakan tak tertarik untuk melanjutkan kariernya melatih tim berjuluk The Golden Star tersebut.

Tentunya momen itu bisa dimanfaatkan PSSI untuk mendekati Park Hang-seo. Terlebih Park Hang-seo memang dikenal sebagai pelatih hebat yang sudah menjadikan Vietnam sebagai salah satu timnas sepakbola terkuat di Asia Tenggara dan bahkan mampu bersaing di level Asia.

3. Kim Hak-bum

Kim Hak-bum

Masih dari Korea Selatan, PSSI bisa menggunakan jasa Kim Hak-bum jika ingin mencari pengganti Shin Tae-yong. Pelatih berusia 62 tahun itu dikenal sebagai salah satu pelatih hebat di negara Ginseng tersebut,

Tercatat selama melatih klub, Kim Hak-bum sudah merasakan masing-masing satu gelar Liga Korea Selatan (2005-2006) dan Piala Korea (2013-2014) bersama Seongnam Ilhwa. Saat ini Kim Hak-bum tengah menganggur usai menjadi pelatih Timnas Korea Selatan senior pada 2021 silam.

2. Indra Sjafri

Indra Sjafri

Indra Sjafri saat ini menjabat sebagai Direktur Olahraga PSSI. Ia dikenal sebagai salah satu juru taktik andalan Indonesia yang pernah menangani timnas kelompok umur, baik dari timnas U-16, U-19, hingga U-23.

Namun, Indra Sjafri belum pernah merasakan langsung menangani Timnas Indonesia senior. Mungkin saja Indra akan dipercaya menangani skuad Garuda jika tak bersama lagi bersama Shin Tae-yong. Apalagi saat menangani timnas kelompok umur, ia pernah membawa timnas muda Indonesia menang Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019.

1. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini

Fakhri Husaini saat ini, tepatnya pada April 2022, baru saja menerima pinangan Persela Lamongan untuk menjadi pelatih di Liga 1 2022-2023. Sebagai pelatih, ia dikenal sosok yang tegas dan dekat dengan para pemainnya.

Pelatih asal Aceh itu pun pernah menangani Timnas Indonesia U-16 pada periode 2017-2018 hingga 2018-2019. Ia juga pernah melatih Timnas Indonesia U-19 di periode 2019-2020.

Sama seperti Indra Sjafri, Fakhri Husaini pun terbilang sukses saat menangani timnas kelompok umur. Seperti berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara di Piala AFF U-16 2018 serta dua trofi turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017 dan Jenesys 2018.

Dengan bermodalkan kesuksesannya di timnas kelompok umur itu, Fakhri dirasa sangat cocok melatih Timnas Indonesia senior. Terlebih ia pun juga belum merasakan langsung menangani Timnas Indonesia senior.

Okezone.com