2 Syarat Timnas Indonesia U-19 Lolos ke Semifinal Toulon Cup 2022, Penuh Jalan Berliku!


SEBANYAK 2 syarat Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Toulon Cup 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Kemenangan atas Timnas Ghana U-20 pada Kamis, 2 Juni 2022 malam WIB, membuka jalan Timnas Indonesia U-19 untuk lolos ke babak empat besar.

Saat ini setelah melalui dua pertandingan Grup B Toulon Cup 2022, Timnas Indonesia U-19 duduk di posisi tiga dengan koleksi tiga angka. Poin skuad Garuda Nusantara sama persis dengan Timnas Meksiko U-23 di posisi dua.

Sementara itu dengan Timnas Venezuela di puncak klasemen, Timnas Indonesia U-19 terpaut tiga angka. Rencananya pada hari ini, Minggu (5/6/2022) pukul 22.30 WIB, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Meksiko.

Berhubung hanya juara grup dan satu runner-up terbaik yang diizinkan lolos ke semifinal Toulon Cup 2022, kemenangan atas Meksiko belum pasti meloloskan Timnas Indonesia U-19 ke babak empat besar. Timnas Indonesia U-19 masih harus menunggu hasil pertandingan lain.

Lantas, apa saja syaratnya untuk lolos ke semifinal Toulon Cup 2022? Dari dua syarat ini, Timnas Indonesia U-19 hanya perlu memenuhi salah satu di antaranya.

Berikut 2 syarat Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal Toulon Cup 2022:

2. Menang Lawan Meksiko, Venezuela Kalah dari Ghana

Timnas Indonesia U-19

Hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal Toulon Cup 2022. Sementara itu, posisi runner-up harus besar-besaran poin dengan dua runner-up lainnya dari Grup A dan C. Jika ingin menjadi juara grup, Timnas Indonesia U-19 wajib menang atas Meksiko di waktu normal 90 menit, plus berharap di laga lain Venezuela tumbang dari Ghana.

Semisal Timnas Indonesia U-19 menang 1-0 atas Meksiko, skuad asuhan Dzenan Radoncic wajib berharap di laga lain Venezuela kalah selisih dua gol dari Ghana, semisal 0-2. Jika kondisi ini terjadi, Timnas Indonesia U-19 bakal memuncaki klasemen.

Meski sama-sama mengoleksi enam angka, Timnas Indonesia U-19 unggul selisih gol atas Venezuela. Sekadar diketahui, ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama, selisih gol menjadi tolok ukurnya.

1. Menang Lawan Meksiko, 3 Besar Grup C Ada yang Tergelincir

Timnas Indonesia U-19

Jika Venezuela imbang atau menang atas Ghana sore ini, Timnas Indonesia U-19 tinggal berharap mendapatkan status runner-up terbaik untuk lolos ke semifinal Toulon Cup 2022. Status ini bisa didapat jika Timnas Indonesia U-19 menang atas Meksiko di waktu normal 90 menit, plus berharap penghuni tiga besar Grup C ada yang tergelincir.

Saat ini posisi satu, dua dan tiga penghuni Grup C diisi Kolombia, Jepang dan Comoro yang sama-sama mengoleksi empat angka. Di laga pamungkas, Jepang menghadapi Kolombia, sedangkan Comoro bersua Aljazair.

Tentu harapannya, runner-up Grup C tak ada yang menembus barier enam poin. Timnas Indonesia U-19 bakal otomatis merebut runner-up terbaik jika salah satu dari Kolombia atau Jepang meraih kemenangan, sedangkan di laga lain Comoro kalah dari Aljazair.

Atau opsi lain, Jepang vs Kolombia dan Comoro vs Aljazair berakhir imbang yang berujung adu penalti. Tim yang menang adu penalti bakal mendapatkan dua poin. Jika menang adu penalti, salah satu dari Jepang atau Kolombia bakal finis sebagai juara grup, mengingat mereka memiliki selisih gol +1 saat ini.

Comoro bakal terpental jika kondisi ini terjadi. Jika pun menang adu penalti atas Aljazair, mereka bakal tersingkir meski mengoleksi enam poin. Sebab, selisih gol mereka nol, kalah dari Timnas Indonesia U-19 (dengan asumsi Timnas Indonesia U-19 menang atas Meksiko di waktu 90 menit).

Okezone.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama