Shin Tae-yong Ungkap Komposisi Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia 2023


Setelah SEA Games 2021, Shin Tae-yong langsung mengalihkan fokusnya untuk mempersiapkan timnas Indonesia.

Pasalnya, timnas Indonesia harus segera bersiap untuk menghadapi babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong pun mengungkap komposisi skuad timnas Indonesia untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong, memastikan bahwa sebagian besar pemainnya di SEA Games 2021 akan disiapkan untuk menghadapi sejumlah ajang yang tersaji di tahun ini.
 
Shin Tae-yong mengatakan, mayoritas pemain di skuad timnas U-23 Indonesia akan dibawa untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait.

Pada ajang itu, timnas Indonesia yang tergabung di Grup A akan bersaing dengan Yordania, Nepal, dan Kuwait yang berstatus sebagai tuan rumah.

Menurut Shin Tae-yong, skuad Merah Putih yang akan tampil pada ajang itu tidak akan jauh berbeda dengan skuad Garuda Muda yang terjun di SEA Games 2021.

“Untuk Piala AFF 2022 dan Kualifikasi Piala Asia 2023, skuad timnas Indonesia hampir sama seperti pemain-pemain di skuad sekarang ini,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers pascapertandingan, Minggu (22/5/2022).

Juru taktik asal Korea Selatan itu menjelaskan, tim pelatih akan memberikan waktu sejenak kepada pemain timnas U-23 Indonesia untuk istirahat pascameraih medali perunggu di SEA Games 2021.

Baru setelah itu, tim pelatih timnas Indonesia akan kembali memanggil para pemainnya untuk menjalani pemusatan latihan.


Starting XI timnas U-23 Indonesia saat berhadapan dengan Malaysia di SEA GAmes 2021. Yogie Gandanaya/Skor.id

Sebab, skuad Garuda tak memiliki waktu banyak untuk mempersiapkan diri. Putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan mulai digelar pada 8 Juni mendatang.

“Jadi, kami akan memberikan waktu istirahat sebentar untuk para pemain setelah tampil di SEA Games 2021,” ujar Shin Tae-yong.

“Lalu kami akan langsung memulai pemusatan latihan untuk mempersiapkan Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait,” ia menambahkan.

Di SEA Games 2021, Shin Tae-yong dan skuad timnas U-23 Indonesia sukses mengamankan medali perunggu cabor sepak bola putra usai menjegal Malaysia.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Minggu (22/5/2022) itu, timnas U-23 Indonesia memang sukses menang atas Malaysia lewat drama adu penalti.

Sebelumnya, timnas U-23 Indonesia dan Malaysia bermain imbang 1-1 lewat gol Ronaldo Kwateh (68’) dan Hadi Fayyadh (80’). Laga pun harus dilanjutkan lewat babak tos-tosan.

Menurut Shin Tae-yong, skuad Garuda Muda mendapat keberuntungan karena mampu menang pada drama adu penalti dengan skor 4-3.