Shin Tae-yong soal Ronaldo Dicoret dari Timnas Senior: Dia Susah Bersaing, Mending Main di Toulon


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong buka suara soal pilihan mencoret Ronaldo Kwateh dari timnas senior. Dia menilai Ronaldo belum bisa bersaing di timnas senior.

Shin Tae-yong memanggil 29 pemain menjalani FIFA Matchday kontra Bangladesh pada 1 Juni mendatang. Nama-nama yang bersinar di Piala AFF 2020 serta SEA Games 2021 menghiasi daftar pemain.

Namun Ronaldo tak masuk skuad Timnas Senior Indonesia. Beda dengan Ronaldo, Marselino Ferdinan masuk dalam daftar 29 pemain itu.

Dua pemain itu merupakan talenta berbakat yang dimiliki Indonesia di masa depan. Namun, Shin Tae-yong mempunyai penilaian berbeda soal keduanya.

Shin Tae-yong menilai kemampuan Ronaldo masih kurang bersaing dengan para pemain senior berbeda dengan Marselino. Shin Tae-yong menyebut mempunyai performa lebih baik meski kemampuan fisiknya masih kurang.

“Ronaldo memang susah untuk bersaing di tim senior. Jadi daripada tidak dapat waktu bermain, lebih baik dia main di Toulon Prancis. Jadi begitu main di Prancis pastinya ada pengalaman baru yg dia dapat,” kata Shin kepada awak media, Kamis (26/5/2022).

“Marselino walau masih kurang fisiknya, tapi dia masih bisa melawan dan menunjukkan performa baik jadi saya milih dia,” katanya.

Untuk itu, Ronaldo masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 yang akan bersaing di Toulon Cup 2022 pada 29 Mei-12 Juni mendatang di Prancis. Dia dan 21 pemain muda lainnya yang dipanggil bakal berhadapan dengan darah muda dari Meksiko, Ghana dan Venezuela di fase grup.

Sedangkan Marselino, akan berangkat ke bandung pada Sabtu (27/5/2022) untuk menjalani latihan dalam rangka persiapan laga FIFA Matchday kontra Bangladesh di Stadion Jalak Harupat pada 1 Juni nanti. Selain itu, skuad senior yang dipanggil juga dipersiapkan untuk bersaing di Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Kuwait (8 Juni), Yordania (12 Juni) dan Nepal (15 Juni).