Persiapan Toulon Cup, Timnas Indonesia U-19 Kedatangan Pemain Baru dari Inggris

Timnas Indonesia U-19 sudah memasuki hari ketiga pemusatan latihan di Jakarta dan dalam latihan kali dan kedatangan penggawa baru, Hokky Caraka. Foto: PSSI


Timnas Indonesia U-19 sudah memasuki hari ketiga pemusatan latihan di Jakarta dan dalam latihan kali dan kedatangan penggawa baru, Hokky Caraka.

Skuat Garuda Muda sudah berlatih dalam intensitas tinggi. Timnas Indonesia U-19 yang dipimpin oleh pelatih Bima Sakti berlatih sebagai persiapan tampil Toulon Cup 2022 di Perancis.

Dalam latihan yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Timnas Indonesia U-19 terlihat kedatangan penggawa baru.

Yakni Hokky Caraka yang baru bisa bergabung dan berlatih usai mengikuti segala rangkaian kegiatan Garuda Select di Inggris.

Dalam latihan kali ini, Hokky Caraka pun bercerita bahwa dia dan teman-teman sudah berlatih dalam intensitas yang cukup tinggi.

“Hari ini saya dan teman-teman berlatih dengan intensitas tinggi ada shuttle run (latihan kelincahan yang bertumpu pada gerakan cepat dan tepat dalam mengubah arah melalui gerakan lari secara bolak-balik), sedikit gim, dan possession," buka Hokky.

"Hal itu menurut saya supaya kita bisa mengetahui kalau intensitas di Toulon itu sangat tinggi,” katanya.


Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Toulon Cup 2022 di Stadion Madya Senayan, Jakarta. Foto: PSSI

Suasana Hangat

Meski berlatih dalam intensitas tinggi, Hokky mengaku cukup senang. Sebab suasana tim sangat kekeluargaan antar satu pemain dan lainnya.

“Di sini kami semua sudah seperti keluarga baik di dalam maupun di luar lapangan, makanya saya mulai membangun chemistry apalagi nanti kita akan berhadapan dengan musuh-musuh berat di turnamen Toulon Cup,” katanya.

Toulon Cup 2022 sendiri rencananya akan berlangsung pada tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2022 mendatang. Pada turnamen tersebut, Indonesia berada di Grup B bersama Meksiko, Ghana, dan Venezuela. Turnamen ini untuk kategori level usia U-17 hingga U-23.

Tim U-19 Indonesia juga dipersiapkan PSSI jelang menghadapi laga-laga di Piala Dunia U-20 2023 mendatang. Apalagi Indonesia menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut.




Tidak Didamping STY

Sementara itu Timnas Indonesia U-19 dipastikan tidak akan didampingi oleh Shin Tae-yong dalam turnament Toulon di Prancis pada bulan Mei nanti.

PSSI menunjuk pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti untuk menggantikan Shin Tae-yong di turnamen tersebut.

Bukan tanpa alasan PSSI tidak mengirim Shin Tae-yong mendampingi Timnas Indonesia U-19. Sebab PSSI ingin Shin Tae-yong fokus bersama tim senior yang akan menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni mendatang.

Tapi meski begitu, Shin Tae-yong tidak melepas begitu saja. Dia akan menugaskan satu staffnya untuk mendampingi Bima Sakti pada event tersebut.

"Kemarin kami sudah putuskan bahwa pelatih Timnas U-16 Bima Sakti dan teman-teman plus pelatih yang diutus oleh coach Shin Tae-yong satu orang menangani Timnas U-19 untuk event Toulon Tournament," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.