Kabar Bahagia dari Timnas Indonesia, 2 Naturalisasi Baru Merapat



Timnas Indonesia memberikan kabar bahagia untuk para fans-nya, di mana kabarnya akan ada dua pemain naturalisasi baru yang akan merapat.

Hal tersebut dikonfirmasi secara langsung oleh Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani, di sela Kongres Biasa PSSI 2022 di Bandung, Senin (30/5).

Dirinya mengatakan bahwa dua pemain berkewarganegaraan Belanda, Jim Croque dan Ivar Jenner bersedia untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Nantinya, dua pemain tersebut akan membela Timnas Indonesia untuk ajang Piala Dunia U-20 tahun 2023.

“Mereka berdua sudah oke. Namun, saat ini kami masih memprioritaskan naturalisasi pemain untuk timnas senior. Kalau semua sudah beres, baru kami mulai memproses naturalisasi mereka,” ujar Hasani.

Diketahui, keinginan melakukan naturalisasi Jim Croque dan Ivar Jenner datang dari pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae Yong.

Bahkan, Hasani menyebut bahwa Shin Tae Yong meminta tiga pemain muda luar negeri keturunan Indonesia untuk dinaturalisasi, tapi baru dua yang benar-benar mau berpindah kewarganegaraan.

Jim Croque dan Ivar Jenner nantinya akan dinaturalisasi karena, menurut Hasani, mereka sudah memegang paspor Belanda walau usianya di bawah 19 tahun.

Sekadar informasi, Jim Croque sendiri merupakan pemain berposisi penyerang. Remaja berumur 17 tahun itu kini bermain di tim U-18 Vitesse, Belanda.

Sementara Ivar Jenner (18 tahun) adalah gelandang yang merumput untuk skuad U-18 Utrecht, juga di Belanda.

Hasani Abdulgani menyatakan, keberadaan pemain luar negeri keturunan Indonesia penting untuk Timnas U-20 agar Indonesia dapat tampil menggigit di Piala Dunia U-20 2023.

“Waktu bertemu Shin Tae Yong saya menanyakan ke dia, ‘Apakah Anda bisa membawa Indonesia ke babak berikutnya Piala Dunia U-20?’. Lalu dia menjawab, kalau tidak ada bantuan Pak Hasani untuk mengambil dua pemain itu, agak berat. Nah, saya katakan lagi ke dia, ‘Saya sudah menggaransi dua pemain ini’. Biar nanti Shin yang mencari siapa lagi yang akan dinaturalisasi,” jelas Hasani.

Saat ini, PSSI tengah memperjuangkan naturalisasi tiga pemain luar negeri keturunan Indonesia agar dapat mengisi slot di timnas senior Indonesia. Mereka adalah Sandy Walsh (warga Belanda), Jordi Amat (Spanyol) dan Shayne Pattynama (Belanda).

Akan tetapi, karena naturalisasinya belum rampung, ketiga pemain tersebut batal memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 8-14 Juni 2022 di Kuwait.(Ant)