Asnawi dan Elkan Dipastikan Absen di Laga Indonesia vs Vietnam

Suasana latihan Timnas Indonesia U-23 jelang hadapi Vietnam di SEA Games 2021. (Foto: PSSI)

PELATIH Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, tidak mempermasalahkan absennya Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott di laga pembuka Grup A SEA Games 2021 kontra Vietnam pada Jumat, 6 Mei 2022 malam WIB. Juru taktik asal Korea Selatan itu bakal memanfaatkan kekuatan pemain-pemain yang ada.

Timnas Indonesia U-23 akan mengawali perjalanan di SEA Games 2021 pada esok hari. Di laga perdana, Timnas Indonesia U-23 langsung ditantang tim favorit juara, Vietnam.

Asnawi Mangkualam

(Asnawi Mangkualam absen di laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam)

Skuad Garuda Muda dipastikan tampil tidak dengan kekuatan penuh. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan dua pemain yang membela klub luar negeri, Elkan Baggott (Ipswich Town) dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners) absen karena masih menempuh perjalanan dari klub asal masing-masing.

“Dua pemain yang masih ditunggu kedatangannya adalah @elkanbaggott & @asnawi_bhr, Masing-masing melakukan perjalanan dari Inggris dan Korea Selatan setelah mendapatkan izin dari klubnya,” kata Mochamad Iriawan melalui Instagram pribadinya, Rabu (4/5/2022).

Fakta di atas jelas sebuah kerugian, mengingat laga perdana akan menentukan kans Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke babak selanjutnya. Kendati demikian, Shin Tae-yong tidak ambil pusing.

Pria asal Korea Selatan itu beranggapan Timnas Indonesia U-23 akan semakin kuat di laga-laga selanjutnya, ketika Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott sudah bergabung. Terlebih, Timnas Indonesia U-23 juga memiliki persiapan yang matang jelang menghadapi Vietnam.

“Pada pertandingan perdana melawan Vietnam, pemain utama Indonesia ada yang absen. Namun, pada laga-laga selanjutnya, mereka akan semakin kuat ketika para pemain sudah bergabung satu per satu,” kata Shin Tae-yong dikutip Yonhap, Kamis (5/5/2022).

Shin Tae-yong

“Tim Indonesia juga sudah meningkat pesat usai menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan,” tambah juru taktik 51 tahun tersebut.

Jelang menghadapi Vietnam U-23, Timnas Indonesia U-23 menjalani serangkaian latihan di Lapangan Bai Bang, Phu Tho, Rabu 4 Mei 2022. Skema bola mati dan penerapan taktik menjadi menu utama latihan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

(Ram)

Okezone.com