5 Alasan Timnas Indonesia U-23 Bakal Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Nomor 1 Faktor Shin Tae-yong

Berikut lima alasan Timnas Indonesia U-23 akan lolos ke semifinal SEA Games 2021 (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)


5 alasan Timnas Indonesia U-23 bakal lolos ke semifinal SEA Games 2021, akan dibahas Okezone. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 kalah telak 0-3 dari Vietnam pada laga perdana mereka di Grup A SEA Games 2021.

Meski kalah di laga perdana, itu tidak berarti peluang Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal tertutup. Ada lima alasan Timnas Indonesia U-23 akan lolos ke semifinal SEA Games 2021:

5. Timnas Indonesia U-23 Punya Pemain Berkualitas

Timnas Indonesia U-23 (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 diperkuat oleh pemain-pemain berkualitas. Sebut saja, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Marc Klok, Ricky Kambuaya, dan lain-lain.

Meski kalah dari Vietnam, Timnas Indonesia U-23 seharusnya bisa bangkit pada pertandingan mendatang. Kombinasi racikan strategi Shin Tae-yong dan kualitas pemain diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia U-23 melangkah jauh di SEA Games 2021.

4. Timnas Indonesia U-23 Punya Pemain Berpengalaman

Egy Maulana Vikri (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 diperkuat banyak pemain berpengalaman yang merupakan jebolan Piala AFF 2020. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia tampil luar biasa di Piala AFF 2020 dengan menjadi runner-up.

Keberadaan pemain berpengalaman ini seharusnya bisa mengangkat mental Timnas Indonesia U-23 usai kalah dari Vietnam. Para pemain berpengalaman ini akan meringankan tugas Shin Tae-yong dalam masa sulit sekarang.


3. Timnas Indonesia U-23 Lebih Kuat dari Filipina, Myanmar, dan Timor Leste

Timnas Indonesia U-23 (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Usai kalah dari Vietnam, Timnas Indonesia U-23 wajib meraih tiga poin dari Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

Kualitas Timnas Indonesia U-23 lebih baik ketimbang tiga lawan berikutnya, yaitu Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Praktis, hanya Filipina yang wajib mendapatkan perhatian lebih karena kemampuannya lebih baik daripada Myanmar dan Timor Leste. Jika bisa mengatasi tiga tim itu, Timnas Indonesia U-23 seharusnya bisa melangkah ke semifinal.

2. Timnas Indonesia U-23 Haus Gelar

Timnas Indonesia U-23 (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 haus gelar juara di SEA Games. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 sudah lama tidak menjadi yang terbaik di SEA Games.

Timnas Indonesia terakhir kali mendapatkan medali emas pada edisi 1991. SEA Games 2021 adalah waktu yang tepat bagi Timnas Indonesia U-23 untuk memutus tren negatif di ajang multiolahraga terbesar se-Asia Tenggara ini.

1. Pengalaman Shin Tae-yong

Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

Timnas Indonesia U-23 dipimpin juru taktik berpengalaman, yaitu Shin Tae-yong. Perlu diketahui, Shin Tae-yong adalah juru taktik Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Meski gagal lolos dari fase grup, Korea Selatan asuhan Shin Tae-yong mampu menang atas Jerman yang saat itu merupakan juara bertahan.

Selain itu, kehebatan Shin Tae-yong juga terbukti di Piala AFF 2020. Bermaterikan pemain muda, dia membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up.

Tugas berat menanti Shin Tae-yong di SEA Games 2021 usai kekalahan dari Vietnam. Meski begitu, dengan pengalamannya, Shin Tae-yong diprediksi mampu membangkitkan mental Timnas Indonesia U-23 untuk lolos ke semifinal.

(Ram)

Okezone.com