Tak Diberangkatkan Kemenpora, Manajer Timnas Futsal Masih Yakin Bisa Berangkat ke SEA Games

Pemain timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2022. (FUTSALINDONESIA.ORG)

Meski menyumbang empat medali untuk Indonesia dalam empat edisi terakhir, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) masih mempertahankan posisi untuk tidak memberangkatkan tim cabang futsal menuju SEA Games 2021 di Vietnam.

Hal ini dikonfirmasi melalui berita di situs resmi Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada 7 April 2022.

Hasilnya Kemenpora bakal memberangkatkan 31 Cabang Olahraga ke SEA Games 2022 di Viertnam berdasarkan hasil review dan track record di kejuaraan resmi.

"Review itu tidak hanya kami wawancara dengan cabang-cabang olahraga, tetapi kami juga mempunyai data dan mempunyai track record. Data itu multi event yang terakhir diikuti kalau enggak begitu kita juga melihat track recordnya di kejuaraan resmi,” kata Prof. Dr. Moch. Asmawi dikutip dari situs resmi Kemenpora.

31 cabang olahraga (cabor) tersebut terbagi jadi 13 cabor dalam DBON dan 18 cabor yang masih berpotensi untuk meraih medali.

“Kurang lebih ada 14 cabang olahraga dalam DBON, tentunya yang nantinya mempunyai kans untuk meraih medali emas, perak dan perunggu, 14 cabang olahraga ini kami sudah mempunyai analisa prestasi semuanya,” ujarnya.

“Ada 18 cabang olahraga yang non DBON. Namun ada potensi emas dan perak jadi kita berngkatkan. Kami tidak langsung menyetujui itu, karena kami mreview lagi dengan tim review baik itu review dengan tim DBON atau tim dari Kemenpora maupun review dengan tim yang ada di NOC atau KOI,” lanjutnya dikutip dari situs resmi Kemenpora.

Dalam daftar 31 Cabang Olahraga itu tidak ada cabang futsal. Menurut Kemenpora, alasan dibalik itu ialah tak adanya peluang untuk meraih medali dan jejak prestasi.

Padahal menurut rekam jejak Timnas Futsal Indonesia di cabang SEA Games bisa dibilang cukup mentereng, karena sudah menyumbang empat medali dalam empat edisi terakhir.

Sejak dipertandingkan kali pertama pada edisi 2007, Timnas Futsal Putra sudah meraih tiga medali perunggu pada 2007, 2011, dan 2013, sementara Timnas Putri meraih medali perunggu pada 2017.

“Kita tidak berangkatkan karena tidak mempunyai jejak prestasi dan tidak berpeluang meraih medali pada SEA Games 2021 yang akan datang. Itu adalah pesan dari pemerintah yang tidak bisa ditawar, kenapa karena hulunya adalah olimpiade,” jelasnya.

Dalam wawancaranya dengan Antara pada Minggu (10/4/2022), Manajer Timnas Futsal Indonesia, Dimas Bagus Kurniawan masih yakin bakal memberangkatkan tim menuju SEA Games Vietnam.

Apalagi Timnas Futsal Indonesia berhasil membuktikan dirinya berhasil lolos ke partai puncak di Piala AFF 2022, meski harus kalah dari Thailand di babak adu penalti.

"Insya Allah (timnas futsal Indonesia berangkat ke SEA Games 2021)," kata Dimas Bagus dikutip dari Antara.

"Saya tidak bisa berkomentar soal itu (skema keberangkatan timnas futsal Indonesia). Saya juga tidak bisa berkomentar soal siapa saja pemain yang masuk skuad (untuk SEA Games 2021)," tutur Dimas Bagus.

"Soal teknis menjadi keputusan pelatih," pungkas Dimas Bagus.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama