Shin Tae-yong Akan Coret 9 Pemain Timnas Indonesia U-23, Bawa 20 Nama ke SEA Games 2021



Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, menuturkan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, akan memilih 20 dari 29 pemain untuk SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Sebelumnya, Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta dan Korea Selatan sebagai proyeksi SEA Games 2021.

Jumlah 20 pemain tim berjulukan Garuda Muda itu kelak diperkirakan untuk memenuhi regulasi SEA Games 2021.

Pada edisi 2019 di Manila, Filipina, setiap tim diperbolehkan mendaftarkan 20 pemain, termasuk tiga pemain senior dalam cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games.

"Nanti tidak 29 pemain, yang diambil Shin Tae-yong jumlahnya 20 pemain untuk Timnas Indonesia U-23," kata Iriawan di Stadion Madya, Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2022).

"Saya tidak tahu siapa saja yang diambil. Saya serahkan ke Shin Tae-yong. Sebab, dia yang punya catatannya. Kita tunggu saja," jelasnya.

2 dari 5 halaman

4 Pemain Senior

Foto: Wajib Langsung Tancap Gas, 7 Pemain Timnas Indonesia yang Layak Jadi Starter saat Jumpa Vietnam di Matchday ke-3 Grup B Piala AFF 2020
Ricky Kambuaya. Pemain Persebaya Surabaya berusia 25 tahun ini juga selalu menjadi starter dan tampil penuh dalam dua laga sebelumnya dengan menyumbang 1 assist. Aksi ciamiknya di lini tengah mendapat ganjaran man of the match kala menghadapi Kamboja di partai pertama. (Dok. PSSI)

Pada daftar skuad Timnas Indonesia U-23 proyeksi SEA Games 2021, empat di antaranya berlabel pemain senior. Keempatnya adalah Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Fachruddin Aryanto.

Setiap peserta SEA Games 2021 dikabarkan diperbolehkan mendaftarkan tiga pemain senior. Lantas, siapa yang dipilih Shin Tae-yong?

"Tentunya ada kuotanya. Untuk pemain senior nanti, akan dipilih dan saya serahkan ke pelatih," tutur Iriawan.

3 dari 5 halaman

Upayakan 6 Pemain Luar Negeri

Foto: Aksi Para Penggawa Timnas Indonesia U-23 Saat Latihan Persiapan SEA Games 2021
Pemain Timnas Indonesia U-23 melakukan latihan untuk persiapan SEA Games 2021 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Selasa (12/04/2022) sore WIB. Skuat Garuda Muda rencananya akan berlaga di Hanoi pada 6-22 Mei 2022. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

PSSI juga masih mengusahakan enam pemain yang bermain di luar negeri untuk membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021.

Keenamnya ialah Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, dan Elkan Baggott.

Keenam pemain itu kemungkinan tidak dapat bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Jakarta dan Korea Selatan karena tidak dilepas timnya masing-masing.

Klub berhak tidak mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 mengingat SEA Games 2021 tidak termasuk kalender FIFA.

"Ini masih proses komunikasi, surat-menyurat. Yang jelas mereka kalau tidak bisa ikut pemusatan latihan di Jakarta, tapi langsung ke Korea Selatan," ujar Iriawan.

"Mudah-mudahan dengan komunikasi yang baik, keenam pemain itu bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021," terang pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu.

4 dari 5 halaman

Skuad Timnas Indonesia U-23 Proyeksi SEA Games 2021

Pelatnas Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (tengah) berfoto bersama dengan Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kiper: Muhammad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Andhika Ramadhani (Persebaya Surabaya), Muhammad Adi Satryo (Persik Kediri)

Bek: Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Bagas Kaffa (Barito Putera), Elkan Baggott (Ipswich Town U-23), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Koko Ari (Persebaya Surabaya), Rio Fahmi (Persija Jakart), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Firza Andika (Persija Jakarta)

Gelandang: Rachmat Irianto (Persib Bandung), Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Braif Fatari (Persija Jakarta), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (FK Senica), Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Irfan Jaya (Bali United), Ronaldo Kwateh (Madura United), Irfan Jauhari (Persis Solo), Muhamad Ridwan (Persik Kediri), Hanis Saghara (Persikabo 1973)

5 dari 5 halaman

Markas Suporter

Markas Suporter
Markas Suporter, Apresiasi Suporter #dukungdarirumah (Bola.com/Adreanus Titus)

Perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 sudah berakhir dengan menyuguhkan berbagai keseruan yang memicu adrenalin, laga-laga panas, dan kejutan-kejutan menarik. Kesuksesan perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama banyak pihak, dan semuanya layak mendapat apresiasi.

Apresiasi khusus ditujukan kepada suporter yang turut menyukseskan kompetisi Liga 1 melalui kampanye #Dukungdarirumah. Komitmen suporter untuk disiplin mendukung tim kesayangannya meskipun dari rumah, merupakan salah satu kunci penting kesuksesan penyelenggaraan Liga 1 musim ini.

Kesuksesan Liga 1 2021/2022 tersebut menginspirasi lahirnya program Markas Suporter. Program ini merupakan inisiasi dari Kapanlagi Youniverse melalui Bola.com dan Bola.net dengan PSSI untuk menjadi wadah sekaligus rumah para suporter Tanah Air. Markas Suporter diharapkan jadi tempat untuk saling berbagi informasi dan silaturahmi antarsuporter baik melalui konten digital maupun aktivasi offline.

Program tersebut akan dibuka dengan Event Live Streaming Markas Suporter yang diadakan pada Kamis, 14 April 2022. Selain jadi event pembuka, acara itu juga akan menjadi ajang apresiasi kepada para suporter yang telah menyukseskan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, dan Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, akan datang langsung ke Studio KLY untuk mengikuti acara bincang santai dengan jurnalis Bola.com, dan perwakilan suporter dan klub dari Liga 1 juga akan mendapat undangan bergabung pada acara tersebut secara online. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga diharapkan akan bergabung dalam perbincangan santai itu secara online.

Jadi, jangan lupa menyaksikan acara Event Live Streaming Markas Suporter di Vidio pada 14 April 2022, pukul 16.00 WIB.

Bola.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama