Media Vietnam Panik! Berharap Timnas Indonesia U-23 Tak Diperkuat Pemain Ini di SEA Games 2021



Persiapan Timnas Indonesia U-23 jelang SEA Games 2021 pada Mei 2022 mendatang terus-menerus mendapatkan sorotan serius dari media Vietnam.

Bukan tanpa alasan, hal itu karena di SEA Games Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama dengan tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Media Vietnam, Soha.vn baru saja mengungkapkan kabar baik karena Timnas Indonesia U-23 sepertinya tidak akan diperkuat oleh bek ganas yang berkarier di Korea Selatan yaitu Asnawi Mangkualam.

"Pelatih Park Hang-seo menerima kabar baik dari Korea sebelum perang besar dengan saingannya (timnas Indonesia)," tulis Soha.vn.

"Chosun (Korea) mengungkap informasi yang sangat penting, yakni Ansan Greeners sepertinya menolak melepas Asnawi untuk Indonesia U-23."

"Hal ini juga semakin membuka peluang bagi Vietnam U-23 saat kedua tim saling berhadapan sejak laga pembuka (6 Mei)," imbuhnya.

Menurut laporan dari Chosun, klub Asnawi Mangkualam yaitu Ansan Greeners masih galau untuk melepas sang pemain. Ada beberapa alasan mengapa pelatih berat hati melepas Asnawi ke SEA Games.

"Ansan terganggu oleh permintaan untuk Asnawi. Jika melepaskannya, takut kekuatan melemah. Dan jika tidak melepaskannya, saya khawatir dengan pelatih Shin," ungkap media Korea Selatan, Chosun pada Senin (25/4/2022) kemarin.


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

Shin Tae-yong Kritik Pelatih Ansan Greeners

Meski sedang sibuk memimpin TC Timnas Indonesia U-23 di Korea Selatan, Shin Tae-yong diketahui menyempatkan waktu untuk menonton Asnawi Mangkualam bermain membela Ansan Greeners.

Ia menjadi penonton yang hadir dalam pertandingan Ansan Greeners ketika dikalahkan Daejon hana Citizens dengan skor 1-2 di Stadion Ansan, Minggu (24/04/22) lalu.

Asnawi dimainkan dari bangku cadangan pada menit ke-27 sebagai pemain sayap dalam laga tersebut, namun kemudian pelatih Ansan Cho Min-kook mengubah posisinya menjadi bek sayap pada babak kedua.

Namun, Shin Tae-yong merasa terganggu dengan keputusan taktis Cho Min-kook soal posisi Asnawi di dalam pertandingan tersebut.

Menurut pelatih Korsel di Piala Dunia 2018 itu, jika Asnawi dipasang sebagai di sektor bek sayap, maka Ansan berpotensi menang karena Asnawi bisa membantu tim ketika menyerang.

"Di Asia Tenggara, dia merupakan pemain belakang berlabel papan atas. Jika saja (kami) mempunyai lima pemain seperti Asnawi, kami bisa langsung mendapatkan kemenangan," ujar Tae-yong dilansir dari Chosun.

“Saya sudah menyampaikan kepada pelatih Cho Min-kook kalau Asnawi akan bagus jika dimanfaatkan sebagai bek sayap kanan dengan formasi tiga bek. Kendati demikian, itu merupakan wewenang penuh pelatih untuk memanfaatkan para pemainnya bergantung kepada kebutuhan tim."

“(Tim nasional) mempunyai pemain Eropa yang bisa bertugas sebagai penyerang sayap, sehingga Asnawi akan sangat berguna di sektor pertahanan," tuturnya menambahkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama