Kunjungi KBRI London, Joseph Simatupang Ferguson Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023?

Pemain Keturunan Indonesia, Joseph Simatupang Ferguson. (Foto: Instagram/josephfergusonsimatupang)

Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya mengundang pesepakbola keturunan Batak-Inggris, yakni Joseph Simatupang Ferguson untuk datang ke Kedutaan Besar Indonesia di London. Lantas undangan itu membuat banyak pencinta sepakbola bertanya-tanya, apalah Joseph Simatupang akan segera membela Timnas Indonesia?

Sebelumnya Desra Percaya menyebut mengenal Joseph Simatupang karena dikenalkan oleh penggawa Timnas Indonesia, Elkan Baggott. Joseph Simatupang sendiri adalah pesepakbola muda yang kini bermain di Premier League 2 bersama Blackburn Rovers U-23.

Di dalama diri Joseph Simatupang terdapat darah Indonesia, tepatnya Batak, dari sang ibu. Sementara ayah Joseph Simatupang adalah orang Inggris asli.

Joseph Simatupang pun lahir dan besar di Manchester. Kini pemain berusia 19 tahun itu pun sedang berusaha membangun karier sepakbolanya di Inggris bersama Blackburn dengan bermain di posisi sebagai fullback kanan.

Singkat cerita, Desra Percaya yang dikenalkan Joseph Simatupang oleh Elkan pun mengundang pemain Blackburn itu bersama keluarganya ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London. Joseph Simatupang pun menerima undangan tersebut bersama ayahnya.

Desra Percaya bercerita banyak mempelajari hal baru bersama Joseph Simatupang, termasuk bahasa-bahasa Batak. Ia lantas berterima kasih kepada Joseph Simatupang karena sudah datang dan berharap di kesempatan lainnya ada Elkan yang ikut berkumpul.

“Di sela-sela kesibukan, saya selalu sempatkaan belajar hal baru. Melatih kosakata Bahasa Batak bertama teman baru saya Joseph Simatupang Ferguson. Di usianya yang sangat muda, 19 tahun, Joseph yang berdarah Batak-Inggris dan lahir di Manchester, saat ini telah mencetak prestasi menjadi bek kanan klub Blackburn Rovers,” kata Desra Percaya, dikutip dari akun instagram @desrapercaya, Jumat (15/4/2022).

Tentunya undangan dari Desra Percaya menimbulkan antusias tersendiri untuk para pencinta sepakbola Tanah Air. Banyak yang merasa ada kemungkinan Joseph Simatupang bakal dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia.

Apalagi mengingat saat ini PSSI memang sedang gencar-gencarnya mencari pemain keturunan di Eropa agar bisa memperkuat Timnas Indonesia. Tentunya jika Joseph Simatupang benar-benar dinaturalisasi, ia akan menjadi pemain yang dapat diandalkan Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Joseph Simatupang Ferguson

Kendati demikian, sejauh ini pihak PSSI nyatanya belum memberikan sinyal apakah akan menaturalisasi Joseph Simatupang. Menariknya, Desra Percaya justru berharap Joseph Simatupang bisa membela Timnas Indonesia sesegera mungkin.

“Tolong doakan ya (jawab Desra Percaya saat ditanyai apakah Joseph Simatupang bisa membela Timnas Indonesia),” imbuh Desra Percaya.

Okezone.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama