Elkan Baggott 'Dikerangkeng' Ipswich, Shin Tae-yong Putuskan Satu Bek Timnas Indonesia U-19 Jangan Pulang Dulu

Bek timnas Indonesia U-19 asal Persija Jakarta, Muhammad Ferarri.

M Ferarri dan Cahya Supriadi dipromosikan ke timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong perlu bek tengah anyar karena Elkan Baggott absen.

Shin Tae-yong tampak mengambil solusi internal setelah Elkan Baggott dipastikan tak bergabung training camp tim nasional Indonesia U-23.

Elkan Baggott memang ditahan Ipswich Town untuk tak bergabung SEA Games 2021, lantaran agenda itu bukan ajang resmi FIFA.

Buntut dari sikap tegas Ipswich Town itu, timnas Indonesia U-23 hanya memiliki tiga bek tengah di SEA Games 2021 mendatang.

Tiga bek tengah tersisa tersebut yaitu Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Fachruddin Aryanto (Madura United), dan Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang).

Untuk menambal kekurangan bek tengah tersebut, Shin Tae-yong memutuskan mempromosikan Muhammad Ferarri (Persija Jakarta).

Muhammad Ferarri. terlahir pada 21 Juni 2003, sejatinya merupakan penggawa timnas Indonesia U-29 yang lebih dulu berlatih di Korea Selatan.

Rombongan timnas Indonesia U-19 sejatinya akan pulang ke Tanah Air pada Jumat (15/4/2022) hari ini.

Dengan keputusan Shin Tae-yong memanggil Ferarri untuk timnas U-23, bek tengah belia itu harus meneruskan masa tinggalnya di Korea.

"Kalau rasa jenuh (kepulangan tertunda tidak ada), ucap Ferarri di laman resmi Persija (15/4/2022).

"Justru saya sangat bersyukur bisa bergabung di timnas U-23, yang pasti bisa menambah pengalaman dan mental lagi karena bisa bergabung dengan senior-senior," tuturnya.

Naiknya Ferarri ke timnas U-23 penting mengingat Shin Tae-yong membutuhkan pelapis di sektor bek tengah.

Merunut perjalanan di Piala AFF 2020 silam, Shin Tae-yon gemar memakai formasi tiga bek saat menghadapi tim kuat.


Timnas U-19 Indonesia saat berhadapan dengan Youngnam University, Selasa (22/3/2022)

Dengan mengandalkan skuat yang ada di timnas U-23 (tanpa Ferarri), Garuda Muda praktis tak memiliki satu pun bek cadangan.

Keberadaan Ferarri akan membuat Shin Tae-yong leluasa mengubah pakem di lini belakang (tiga bek atau empat bek).

Selain itu, atmosfer SEA Games 2021 juga bisa memberi jam terbang berharga bagi Ferarri, yang diplot tampil di Piala Dunia U-20 2023.

"Persiapan khusus sebenarnya tidak ada, tapi alhamdulillah sudah memiliki bekal dari TC sebelumnya," tukas Ferarri.

Selain Ferarri, Cahya Supriadi juga menjadi nama lain yang dinaikkan dari timnas U-19 ke timnas U-23.

Belum diketahui apakah Shin Tae-yong juga "melarang pulang" bek tengah lain dari timnas U-19, Kakang Rudianto dan Marcell Januar.