Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk TC SEA Games 2021, Ada 4 Pemain Senior

PSSI telah merilis 29 nama yang akan mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U23 Indonesia untuk persiapan SEA Games 2021.

Sebelum menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan, skuad timnas U23 Indonesia dikumpulkan terlebih dahulu di Jakarta pada Rabu (6/4/2022).

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung di Hanoi, Vietnam pada 12-23 Mei 2022. Sejatinya SEA Games Hanoi 2021 digelar pada 21 November-2 Desember tahun lalu. Namun, pelaksanaanya terpaksa ditunda lantaran pandemi Covid-19.

Dari 29 pemain yang dipanggil masuk ke skuad Garuda Muda, 4 di antaranya merupakan pemain senior atau berusia di atas 23 tahun. Keempatnya yakni Ricky Kambuaya, Marc Klok, Fachruddin Aryanto, dan Irfan Jaya.

Selain itu, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga memanggil pemain-pemain yang merumput di luar negeri. Di antaranya adalah duo FK Senica, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Lalu ada Elkan Baggot (Ipswich Town), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), dan Saadil Ramdani (Sabah FC). Turut serta Pratama Arhan yang belum lama ini baru saja bergabung dengan Tokyo Verdy.

Berikut ini adalah daftar 29 pemain yang mengikuti TC Timnas U23 Indonesia:

Kiper: Muhamad Riyandi (Barito Putera), Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya), Andhika Ramadhani (Persebaya), Muhammad Adisatryo (Persik)

Belakang: Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Amiruddin Bagas Kaffa (Barito Putera), Elkan Baggott (Ipswich Town), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya), Koko Ari Araya (Persebaya), Rio Fahmi (Persija), Firza Andika (Persija), Alfeandra Dewangga (PSIS), Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Tengah: Witan Sulaeman (FK Senica), Ronaldo Joybera Kwateh (Madura United), Rachmat Irianto (Persib), Marselino Ferdinan (Persebaya), Ricky Kambuaya (Persib), Marc Klok (Persib), Syahrian Abimanyu (Persija), Irfan Jauhari (Persis Solo), Braif Fatari (Persija), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Depan: Muhamad Ridwan (Persik), Ramai Rumakiek (Persipura), Irfan Jaya (Bali United), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Hanis Saghara (Persikabo 1973).

Target medali emas untuk timnas U23 Indonesia

Pelaksanaan TC di Korea Selatan merupakan permintaan langsung dari pelatih Shin Tae-yong. Untuk SEA Games 2021, PSSI memberi target tim bisa meraih medali emas.

Timnas Indonesia terakhir kali meraih medali emas di ajang SEA Games pada edisi tahun 1991 di Manila, Filipina. Kala itu, timnas Indonesia yang diasuh pelatih Anatoli Polosin berhasil mengalahkan Thailand via adu penalti.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih juara SEA Games 2021," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, seperti diberitakan Kompas.com (6/4/2022).

"Dengan materi pemain yang dipanggil ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut akan tercapai," ucap Iriawan menambahkan.

"Kami terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia. Tentunya selama di Korea Selatan mereka akan menjalani sejumlah laga uji coba," imbuhnya.

Timnas U23 Indonesia tergabung di Grup A

Pada cabor sepak bola SEA Games 2021, Timnas U23 Indonesia tergabung di Grup A bersama tuan rumah Vietnam. Selain Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste juga tergabung di Grup A bersama Indonesia.

Berikut pembagian grup cabor sepak bola putra di SEA Games 2021 Hanoi:

Grup A:

  • Vietnam
  • Indonesia
  • Myanmar
  • Filipina
  • Timor Leste

Grup B

  • Thailand
  • Malaysia
  • Kamboja
  • Singapura
  • Laos

Jadwal Timnas U23 Indonesia di SEA Games 2021

Babak penyisihan grup sepak bola putra SEA Games 2021 akan dimainkan mulai 6 hingga 16 Mei 2022. Di pertandingan pertama, Asnawi dkk akan langsung berhadapan dengan tim tuan rumah Vietnam.

Selanjutnya secara berurutan, Garuda Muda bakal menghadapi Timor Leste, Filipina, dan Myanmar. Hanya dua tim teratas di grup yang akan lolos ke semifinal.

Berikut adalah jadwal timnas U23 Indonesia di SEA Games 2021.

  • Jumat (6/5/2022): Vietnam vs Indonesia
  • Selasa (10/5/2022): Indonesia vs Timor Leste
  • Jumat (13/5/2022): Filipina vs Indonesia
  • Minggu (15/5/2022): Indonesia vs Myanmar

(Sumber:Kompas.com/Ervan Yudhi Tri Atmoko | Editor: Ervan Yudhi Tri Atmoko)

Kompas.com