Media Vietnam Ketakutan Timnas Indonesia Resmi Panggil Bintang Eropa


Di ajang SEA Games ke-31 di Vietnam pada Mei 2022 mendatang, Timnas Indonesia U-23 bakal diperkuat oleh bintang keturunan Eropa yakni Marc Klok.

Gelandang Persib Bandung tersebut bakal mengisi slot tiga pemain senior Timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2021. Kabar baik ini diungkapkan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri beberapa waktu lalu.

"Kami sudah daftarkan dia (Marc Klok) ke SEA Games 2021 untuk kuota seniornya," ujar Indra Sjafri.

"Jumlah pemain senior di SEA Games 2021 boleh dimainkan dua. Namun, yang didaftarkan lebih dari itu. Artinya yang boleh bermain dua, seperti edisi sebelumnya," tuturnya menambahkan.

Seperti diketahui, gelandang berusia 28 tahun tersebut sejatinya sudah sah menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI) sejak November 2020 lalu.

Akan tetapi, Marc Klok belum bisa langsung bermain untuk Timnas Indonesia karena tidak sanggup menunjukan garis keturunan dari kakek buyutnya yang lahir di Makassar.

Alhasil, Marc Klok harus menunggu waktu lima tahun tinggal di Indonesia. Tepatnya pada April 2022 mendatang, dirinya sudah resmi lima tahun menetap di tanah air dan bisa memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games.


Marc Klok resmi menyandang status Warga Negara Indonesia.

Marc Klok Bikin Media Vietnam Ketakutan

Sementara itu, kehadiran Marc Klok untuk mengisi slot tiga pemain senior di Timnas Indonesia U-23 langsung menjadi sorotan media Vietnam, Thethao247.

Media tersebut cukup terkejut dengan ambisi skuat Garuda besutan Shin Tae-yong yang berniat untuk merebut medali emas dari tuan rumah Vietnam.

Di SEA Games edisi 2019 lalu, Vietnam merupakan tim yang mampu meraih medali emas setelah sukses mengalahkan Timnas Indonesia era Indra Sjafri dengan skor telak 3-0 di partai final.

"Indonesia Panggil Bintang Eropa ke Vietnam, Bertekad Membuat Cerita di SEA Games ke-31," tulis Thethao247.

"Pelatih kepala Shin Tae Yong akan memanggil gelandang Marc Klok ke Indonesia U-23 untuk berangkat ke Vietnam untuk bertanding di SEA Games ke-31."

"Pemain kelahiran Belanda ini akan menjadi salah satu dari dua pemain Indonesia yang berusia di atas 23 tahun yang diperbolehkan mengikuti turnamen sesuai regulasi BTC SEA Games 31."

"Kehadiran bintang Eropa Marc Klok tentu akan meningkatkan kekuatan Indonesia U23 secara signifikan dalam waktu dekat, membuat persaingan memperebutkan medali emas SEA Games di Vietnam semakin menarik dan dramatis," imbuhnya.


Ricky Kambuaya melakukan selebrasi usai membobol gawang Thailand di final Piala AFF 2020.

2 Pemain Senior yang Layak Susul Marc Klok

Setelah memilih Marc Klok untuk mengisis slot pemain senior pasukan Shin Tae-yong di SEA Games, masih ada dua nama lagi yang belum diumumkan.

Menurut analisa INDOSPORT dua pemain yang layak menyusul eks gelandang Persija Jakarta dan PSM Makassar tersebut adalah Ricky Kambuaya dan Evan Dimas.

Bukan tanpa alasan, Ricky Kambuaya sangat layak lantaran dirinya rajin melakukan pressing terhadap lawan. Ia juga kerap membantu penyerangan dan menciptakan peluang-peluang yang berbahaya hingga berbuah gol.

Gelandang milik Persebaya Surabaya tersebut sempat menjadi bintang saat membawa Timnas Indonesia meraih runner up di ajang Piala AFF 2020 lalu.

Tidak hanya itu, saat uji coba bertajuk FIFA Matchday melawan Timor Leste pada Januari 2022 lalu, ia kembali menjadi favorit oleh Shin Tae-yong.

Ricky Kambuaya mampu menjawab kepercayaan pelatih dengan mencetak gol pada laga leg pertama dan membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan 4-1.

Sementara itu, Evan Dimas juga dinilai sangat layak karena pernah tampil dalam tiga edidi SEA Games sejak 2015 silam. Shin Tae-yong harus memakai jasa gelandang berusia 27 tahun tersebut untuk memberikan ilmu kepada para pemain muda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama