Indra Sjafri Pikat Perhatian Media Inggris karena Football Manager, Kok Bisa?


Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menarik perhatian media Inggris, SportBible, pada 19 Maret 2022 lalu. Penyebabnya adalah permainan Football Manager dan tetangganya bernama Sylvia.

Semua bermula ketika Sylvia, seorang wanita asal Yogyakarta, datang ke rumah Indra Sjafri. Kedatangan Sylvia itu untuk berkonsultasi dengan pria berusia 59 tahun tersebut mengenai timnya yang ada di Football Manager.

Kedatangan Sylvia disambut baik oleh Indra Sjafri. Eks pelatih Timnas Indonesia U-23 itu kemudian menyuguhkan teh dan biskuit sembari membuka diskusi dengan Sylvia.

Tak di dunia nyata maupun maya, Indra Sjafri ternyata sangat peduli dengan pembinaan pemain usia muda. Dia kemudian menyarankan pada Sylvia untuk fokus pembinaan dan pengembangan pemain muda agar bisa membantu timnya menjadi juara di Football Manager.

"Dia memberikan saya beberapa saran. Dia mengatakan, saya harus mencoba untuk memperbaiki sistem pembinaan pemain muda, meningkatkan jumlah pencari bakat yang akan saya gunakan, dan memperluas fasilitas pemain muda," kata Sylvia kepada SPORTBible.

"Dia juga menunjukkan kepada saya beberapa pemain muda Indonesia untuk direkrut. Saya mengikuti sarannya dan melakukan apa yang dia katakan," ujar Sylvia.

Kegiatan ini dilakukan Indra Sjafri pada masa luang di tengah kesibukannya bersama Timnas Indonesia. Indra Sjafri memang sudah tak melatih sejak 2019, namun pengalamannya di dunia sepak bola tentu tak perlu diragukan lagi.

1 dari 2 halaman

Bantu Juara dan Jadi Asisten Pelatih

Berkat saran yang diberikan Indra Sjafri, klub milik Sylvia yakni Liverpool meraih kesuksesan di Football Manager. Liverpool berpotensi meraih gelar treble yakni Premier League, Piala FA, dan Liga Champions.

Tak sampai situ saja, Sylvia disebut juga memperkerjakan Indra Sjafri di gim Football Manager. Indra Sjafri didapuk sebagai asisten pelatihnya di Atletico Madrid.

Kehadiran Indra Sjafri langsung membawa dampak positif buat Atletico. Klub berjulukan Los Rojiblancos itu sukses memenangi Liga Champions di Football Manager.

2 dari 2 halaman

Bantu Shin Tae-yong

Sebagai Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, kini bertugas di belakang layar Timnas Indonesia. Indra Sjafri turut membantu dan memberi saran kepada pelatih Shin Tae-yong dalam menyusun pemain dan strategi.

Kinerja keduanya sejauh ini cukup mengesankan. Meskipun belum mempersembahkan gelar, Timnas Indonesia berhasil menjadi runner-up pada Piala AFF 2020 lalu.

Tantangan selanjutnya buat Indra Sjafri dan Shin Tae-yong adalah SEA Games 2021. Duet keduanya diharapkan bisa membantu Indonesia meraih medali emas yang pertama sejak 1991.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Rizki Hidayat)

Diunggah pada: 22 Maret 2022

Bola.net

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama